[iklan]

Iman kepada Hari Akhir

 hari akhir
• kiamat
• pembalasan
• hancur
• pertanggungjawaban
• kiamat s.ugra-
• kiamat kubra-


Hayya na'mal
Di depan telah dijelaskan pengertian iman kepada hari akhir. Keimanan ini merupakan salah satu rukun iman. Seseorang yang mengimani Allah dan rasul-Nya belum dianggap lengkap jika tidak beriman kepada hari akhir. Tugas kalian kali ini adalah menjawab pertanyaan berikut.
1. Mengapa beriman kepada hari akhir itu penting?
2. Bagaimana seharusnya sikap seseorang yang mengimani adanya hari akhir?
3. Bolehkah kita mempercayai ramalan tentang penentuan hari akhir?
Ketiga pertanyaan tersebut dijawab dengan berdiskusi bersama kelompok diskusi kalian. Rangkumlah hasil diskusi kalian ke dalam selembar kertas kemudian dipresentasikan di depan kelas. Setelah itu, kumpulkanlah hasil diskusi itu di meja Bapak atau Ibu Guru.


Hayya Na'mal
Peristiwa hari kiamat banyak dijelaskan dalam ayat-ayat Al-Qur’an. Selain ayat-ayat yang telah disebutkan di atas masih banyak ayat lain yang menerangkan peristiwa yang sama. Agar kalian menemukan ayat-ayat tersebut, cobalah lakukan pencarian paling sedikit tiga ayat. Tulislah terjemah ayatnya serta keterangan penting yang terdapat dalam surah tersebut. Buatlah tabel ayat seperti contoh berikut ini.

No. Bunyi Ayat Sumber Keterangan

Tidak ada seorang pun yang mengetahui kepastian waktu datangnya kematian. 

Hayya Na'mal
Kita sering menyaksikan bencana alam di sekitar kita seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, dan peristiwa lainnya yang menyebabkan korban. Peristiwa tersebut termasuk kiamat sugra - . Kali ini tugas kalian adalah membuat kliping tentang bencana alam. Kalian dapat mencari berita di surat kabar, majalah, dan media lainnya. Di bawah kliping berilah keterangan tentang penyebab terjadinya peristiwa tersebut, proses terjadinya, jumlah korbannya, dan catatan lain dengan dikaitkan tema hari kiamat. Kumpulkan kliping yang kalian buat kepada Bapak atau Ibu Guru untuk mendapatkan nilai.


Jawablah dengan tepat!
1. Jelaskan pengertian iman kepada hari akhir!
2. Tulis satu ayat Al-Qur’an yang menggambarkan peristiwa kiamat!
3. Jelaskan tentang kiamat s.ugra - dan berikan contohnya!
4. Jelaskan tanda-tanda kecil kiamat!
5. Bagaimanakah pengertian kiamat kubra-? Jelaskan!
6. Jelaskan tanda-tanda besar kiamat!
7. Apa yang kalian ketahui tentang Yaumul Mizan? Jelaskan!
8. Jelaskan peristiwa yang akan terjadi setelah dibangkitkannya manusia dari kubur!
9. Sebutkan lima nama lain hari akhir!
10. Apa yang kalian ketahui tentang Yaumul Hisab? Jelaskan!

Selengkapnya : Iman Kepada Hari Akhir

Terkait :

0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Arsitektur dan Konstruksi

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online


Didukung oleh: Suwur - Tenda SUWUR - OmaSae - Blogger - JayaSteel - Air Minum Isi Ulang - TAS Omasae - Furniture - Rumah Suwur - Bengkel Las -