[iklan]

Khutbah, Tablig, dan Dakwah

Islam dapat berkembang dengan baik dan pesat ke berbagai penjuru dunia adalah akibat dari adanya dakwah atau tabligh. Melalui kegiatan ini, seorang muslim menyampai pesan agama kepada pihak lain yang ditemuinya. Secara umum, tidak ada syarat dan rukun yang khusus dalam menyampaikan dakwah atau tabligh. Rasulullah Muhammad saw pun berpesan, sampaikanlah (tablig) kepada orang lain walaupun hanya satu ayat. Pesan ini mengandung makna bahwa tabligh dan dakwah adalah kewajiban moral seorang muslim terhadap sesama muslim.

Berbeda dengan tablig dan dakwah, khutbah merupakan salah satu amalan yang memiliki syarat dan rukun. Pelaksanaan khutbah ini, biasanya dilaksanakan pada hari jum'at atau waktu sholat hari raya. Dalam kegiatan khutbah ada syarat dan rukun tertentu sehingga seseorang dapat dikatakan melaksanakan khutbah dengan benar menurut ajaran Islam.

 

Memahami khutbah, tablig dan dakwah

~ Menjelaskan pengertian khutbah, tablig dan dakwah
~ Menjelaskan tata cara khutbah, tablig dan dakwah
~ Memperagakan khutbah, tablig dan dakwah

Tugas

Amatilah kegiatan tabligh, khutbah Jumat, dan dakwah di lingkungan sekitarmu. Lalu jelaskanlah apa yang membedakan ketiga kegiatan tersebut!

Agar khutbah yang disampaikan dimergerti pendengar, maka Teks khutbah harus disusun dengan baik
 

 

[ Selengkapnya ]

 

.

Terkait :

0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Arsitektur dan Konstruksi

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online


Didukung oleh: Suwur - Tenda SUWUR - OmaSae - Blogger - JayaSteel - Air Minum Isi Ulang - TAS Omasae - Furniture - Rumah Suwur - Bengkel Las -