[iklan]
daftar-harga-wiremesh-agustus-2019

pemimpin harus menguasai syariat memimpin

Apa Jadinya Kalo Imam Sholat Orang Kafir ? dan Apa Jadinya Kalo Imam Sholat Muslim Tapi Buta Rukun-Rukun Sholat ?

Diskursus Pilkadal Demokrasi

Akhir-akhir ini banyak sekali muncul diskursus, pro kontra, antara pemimpin Kafir dan pemimpin Muslim.
Kalo ini di ibaratkan Ring tinju, maka  dari sudut merah diwakili oleh Ahok dan Calon Presiden Perindo, Hary Tanoe,
Sedangkan dari sudut biru belum muncul nama apapun dan siapapun, tapi keliatannya hanya ada kalimat sederhana "Siapapun calonnya, yang penting Muslim"

Baik, para petinju sudah siap diatas Ring, mari kita pilih wasitnya. Karena saya yang punya status, saya pilih hakim yang adil aja, yang saya percaya gak akan salah. Hakim itu adalah Syariah Islam.

Setuju ?
Gak setuju gak papa, tapi ya udah, gak usah nonton tinju dibawah ini :D

Mari kita mulai,
Tujuan umat Islam hidup di dunia adalah ibadah, betul ?
Jadi artinya, seluruh hidup umat Islam haruslah dinilai ibadah.
Kalo hidup itu ibadah, berarti boleh dong, saya analogikan bahwa urusan hidup itu seharusnya mirip dengan urusan sholat ? Kan sama sama ibadah ?

Nah, kalo sholat, trus imam sholat nya kafir, bisakah ? Yang jawab bisa, Monggo dibuka lagi buku panduan praktis sholat yang dihapalkan waktu SD :D

Lalu, kalo sholat trus imamnya harus Muslim, memang benar. Tapi apakah syarat Muslim itu cukup ?

Cukup, kalo sholat jamaahnya di mushola kecil di pelosok desa di mana sulit didapatkan orang yang bener bener pantas ngimami sholat.

Tapi kalo imam sholatnya sekelas Masjid Jami' atau Masjid Akbar, pasti gak cukup syarat kalo hanya seorang muslim. Dia minimal harus bacaan Al Qur'an nya bagus, betul ?

Eits, ada yang hampir lupa.
Ternyata, ada syarat yang paling penting, syarat yang paling utama, syarat yang paling menentukan dia pantas untuk jadi imam sholat atau tidak.

Yaitu,
Dia selain Muslim, dia harus paham rukun-rukun sholat !!!

Buat apa bacaan bagus tapi tidak tau rukun sholat ? Bukankah rukun sholat yang menentukan sah tidaknya sebuah sholat ?

Pasti ada yang tanya, memangnya bisa ya ada orang bacaannya bagus tapi gak paham rukun sholat ?
Hohohoho, banyak bro. Kalo sholatnya sholat wajib sih mungkin gak ada. Tapi kalo sholat nya sholat jenazah, sholat ghaib, sholat gerhana, sholat istisqo', terbukti banyak tuh yang belajar lagi sebelum sholat terhadap rukun rukunnya, walau sudah sangat fasiiiih bacaannya.

Oke,
Bila analogi diatas kita terapkan ke pemimpin daerah atau negara, maka syarat terakhir inilah yang super penting.

Buat apa dia Muslim dan hapal Al Quran sekalipun, kalo dia tidak tau "Rukun dan Syariat Memimpin ?"

Kira kira sah atau tidak ibadahnya ?
Ingat, sudah kita sepakati diatas, hidup itu adalah ibadah. Kalo sholat saja ada tuntunannya, maka memimpin sebuah negara juga PASTI ada tuntunannya !!

Jadi, sebelum seorang muslim sah kita angkat sebagai pemimpin, dia harus menguasai syariat memimpin.

Apa saja ?
Ambil contoh,
Syariat Ekonomi
Syariat Pergaulan
Syariat Keuangan
Syariat Muamalah
Syariat Ideologi
Syariat Pendidikan
Syariat Politik baik dalam negeri maupun luar negeri
Dll, dsb, lsp

Kalo kemudian adanya sekedar Muslim aja memangnya gak boleh ya ?
Hihihihihihi, memangnya negara kita sekecil mushola desa ya ?
Sampe sampe nyari Muslim yang paham syariat memimpin aja sulit ?

Salam geli,
IAJ

0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online