[iklan]
daftar-harga-wiremesh-agustus-2019

Perceraian bukan aib tapi solusi

Perceraian bukan aib tapi solusi

Oleh : Catur Prayogi

  "Dan diantara tanda tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu istri istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih sayang"(Qs. Ar-Rum;21).

  Setiap pasangan tentu menginginkan rumah tangganya baik-baik saja dan dapat hidup tentram bahagia hingga akhir hayat bersama pasangan kita.

  Namun dalam banyak kenyataan, kehidupan berkeluarga selalu saja timbul masalah-masalah yg mendorong suami untuk menceraikan istrinya,  atau seorang istri melakukan khulu'  (gugatan cerai) terhadap suaminya dengan berbagai alasan.

   Seperti yg kita tahu sesuatu yang halal namun sangat dibenci oleh Allah Swt itu adalah perceraian, oleh karena itu sebelum memutuskan untuk bercerai tentunya kita harus berusaha sekuat tenaga terlebih dahulu untuk menghindari hal yang dibenci Allah tersebut.

   Meski hukum asal perceraian adalah makruh, namun bisa menjadi boleh, haram, sunah bahkan wajib tergantung alasan yg melatarbelakangi perceraian tersebut.

  Dan seharusnya ketika memilih untuk bercerai, itu dikarenakan ada alasan yang dibenarkan oleh syara', seperti ketika pasangan tidak menjalankan kewajiban sebagai seorang suami, sering melakukan dosa besar dan lain lain. disitulah sebuah perceraian menjadi solusi yang terbaik yang diberikan Allah agar seorang istri terjaga aqidahnya dan tidak ikut terjerumus dalam dosa juga.

  Hal yang wajar jika ada perasaan resah, gelisah, kecewa dan galau hadir dalam hati kita. Kaget, khawatir dan rasa gak percaya kemudian marah terhadap harapan yang tak sesuai dengan kenyataan tentu akan sangat mengganggu kenyamanan hidup kita, namun ada tahapan selanjutnya dari emosi kita yaitu berfikir dan menerima kenyataan bahwa kehidupan akan harus terus berjalan. disitulah akan kita temukan sebuah perceraian bukanlah akhir dari segalanya, tapi malah sebuah awal kehidupan bersama keluarga yang lebih baik.

  Dan bersyukurlah kita, karena diberikan petunjuk Islam yang bisa memberikan solusi terhadap segala sesuatu.

#BelajarNulis
#NikahItuIbadah

0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online