[iklan]

Dunia adalah tempat beramal dan bukan tempat untuk menetap

๐Ÿ’Ž "Fastabiqul Khoirot"
➖➖➖➖➖➖➖➖➖
.
๐Ÿ“Œ Saudaraku selagi Engkau masih mempunyai kesempatan untuk beramal shalih, maka bersegeralah untuk melakukannya.
.
♻ Karena Engkau tidak akan pernah tahu kapan ia (kematian) mendatangimu. Jangan sampai air mata penyesalan itu menjadi bukti bahwa Engkau adalah orang yang paling merugi nanti di akhirat.
.
❇ Ingatlah bahwa Dunia adalah tempat beramal dan bukan tempat untuk menetap. Maka berlomba-lomba lah kepada kebaikan.
.
๐Ÿ“š Sebagaimana Firman Allah Ta’ala,
.
“Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”
(QS Al Baqarah:148)
.
“Berlomba-lombalah kamu kepada (mendapatkan) ampunan dari Rabbmu dan surga yang lebarnya selebar langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-rasul-Nya. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya. dan Allah mempunyai karunia yang besar.” (QS. Al Hadiid: 21)
.
๐Ÿ’ž Mari kita lihat bagaimana para ulama memaknai "Fastabiqul Khoirot" :
.
๐ŸŒบ Asy Syaukani rahimahullah mengatakan, “Berlombalah menjadi yang terdepan dalam beramal sholih yang menyebabkan datangnya ampunan dari Rabb kalian, serta bertaubatlah atas maksiat yang kalian perbuat.” Fathul Qodir, Asy Syaukani, Mawqi’ At Tafasir, 7/156.
.
๐ŸŒบ Ibnu Rajab Al Hambali rahimahullah menerangkan, “Para sahabat memahami bahwa mereka harus saling berlomba untuk meraih kemuliaan di surga. Mereka berusaha menjadi terdepan untuk menggapai derajat yang mulia tersebut. Oleh karena itu, jika di antara mereka melihat orang lain mendahului mereka dalam beramal, mereka pun bersedih karena telah kalah dalam hal itu. Inilah bukti bahwa mereka untuk menjadi yang terdepan.”
.
๐ŸŒบ Hasan Al Bashri rahimahullah mengatakan, “Jika engkau melihat orang lain mengunggulimu dalam hal dunia, maka kalahkanlah ia dalam hal akhirat.”
.
๐ŸŒบ Wuhaib bin Al Ward rahimahullah mengatakan, “Jika engkau mampu tidak ada yang bisa mengalahkanmu dalam hal akhirat, maka lakukanlah.”
.
๐ŸŒบ Sebagian salaf mengatakan, “Jika engkau mendengar ada yang lebih taat pada Allah darimu, seharusnya engkau bersedih karena telah kalah dalam hal ini.”
.
✍ Itulah mereka yang selalu mengedepankan tentang Akhirat, lantas bagaimana dengan kita? Semoga Allah memberikan kemudahan bagi kita untuk senantiasa beramal shalih.

Terkait :

0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Arsitektur dan Konstruksi

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online


Didukung oleh: Suwur - Tenda SUWUR - OmaSae - Blogger - JayaSteel - Air Minum Isi Ulang - TAS Omasae - Furniture - Rumah Suwur - Bengkel Las -