[iklan]

Berdzikir kpd Allah adalah kunci kekuatan dan kemengan

Dzikir Kunci Kemenangan
By Yasin Muthohar

Allah berfirman dalam QS Tha Ha ayat 42

ุงุฐْู‡َุจْ ุฃَู†ْุชَ ูˆَุฃَุฎُูˆูƒَ ุจِุขูŠَุงุชِูŠ ูˆَู„َุง ุชَู†ِูŠَุง ูِูŠ ุฐِูƒْุฑِูŠ
Pergilah engkau bersama saudaramu dengan membawa ayat2ku (kepada Firaun) dan janganlah kamu berdua lemah dalam mengingat-Ku.

Al Hafizh Abu Fida, Ibn Katlsir berkata terkait ayat ini
ูˆู‚ูˆู„ู‡ "ุงุฐู‡ุจ ุงู†ุช ูˆุฃุฎูˆูƒ ุจุขูŠุงุชูŠ" ุฃูŠ ุจุญุฌุฌูŠ ูˆุจุฑุงู‡ูŠู†ูŠ ูˆู…ุนุฌุฒุงุชูŠ "ูˆู„ุงุชู†ูŠุง ููŠ ุฐูƒุฑู‰" ู‚ุงู„ ุนู„ูŠ ุจู† ุฃุจูŠ ุทู„ุญุฉ ุนู† ุงุจู† ุนุจุงุณ ู„ุง ุชุจุทุฆุง ูˆู‚ุงู„ ู…ุฌุงู‡ุฏ ุนู† ุงุจู† ุนุจุงุณ ู„ุง ุชุถุนูุง ูˆุงู„ู…ุฑุงุฏ ุฃู†ู‡ู…ุง ู„ุง ูŠูุชุฑุงู† ููŠ ุฐูƒุฑ ุงู„ู„ู‡ ุจู„ ูŠุฐูƒุฑุงู† ุงู„ู„ู‡ ููŠ ุญุงู„ ู…ูˆุงุฌู‡ุฉ ูุฑุนูˆู† ู„ูŠูƒูˆู† ุฐูƒุฑ ุงู„ู„ู‡ ุนูˆู†ุง ู„ู‡ู…ุง ุนู„ูŠู‡ ูˆู‚ูˆุฉ ู„ู‡ู…ุง ูˆุณู„ุทุงู†ุง ูƒุงุณุฑุง ู„ู‡ ูƒู…ุง ุฌุงุก ููŠ ุงู„ุญุฏูŠุซ " ุฅู† ุนุจุฏูŠ ูƒู„ ุนุจุฏูŠ ุงู„ุฐูŠ ูŠุฐูƒุฑู†ู‰ ูˆู‡ูˆ ู…ู†ุงุฌุฒ ู‚ุฑู†ู‡ ".
Firman Allah "Pergilah engkau bersama saudaramu dengan membawa ayat2ku", yakni membawa hujjah2, argumentasi dan mukjizat-Ku.
Maksud uangkapan "dan janganlah kamu berdua lemah dalam mengingat-Ku". Telah berkata Ali ibn Abi Thalhah dari Ibnu Abas, yakni janganlah kalian berdua terlambat/lalai dalam berdzikir. Mujahid berkata dari Ibn Abas : janganlah kalian berdua lemah dalam berdzikir. Maksudnya Musa dan Harun harus terus menerus berdzikir kpd Allah, bagkan selalu berdzikir kpd Allah saat menghadapi Firaun, supaya dzikir kpd Allah itu menjadi penolong dan kekuatan baginkeduanya serta menjadi kekuasan yang bisa memghancurkan firaun. Sebagaimana disebutkan dalam hadits "Sungguh hamba-Ku yang sebenarnya adalah yang selalu mengingatk-Ku di saat menghadapi musuhnya".
Ada dua perkara yang bisa kita petik dari ayat di atas..
Pertama, Wajib menyampaiikan kebenaran meski harus berhadapan dengan penguasa zhalim. Sebagaimana Allah memerintahkan nabi untuk berdakwah bersama nabi harun menyamlaikan kebenaran di hadapan sang tiran, firaun.
Kedua: Berdzikir kpd Allah adalah kunci kekuatan dan kemengan. Sebagaimana Allah tegaskan dalam surat al anfal

: { ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ุฅِุฐَุง ู„َู‚ِูŠุชُู…ْ ูِุฆَุฉً ูَุงุซْุจُุชُูˆุง ูˆَุงุฐْูƒُุฑُูˆุง ุงู„ู„َّู‡َ ูƒَุซِูŠุฑًุง ู„َุนَู„َّูƒُู…ْ ุชُูْู„ِุญُูˆู†َ }
Wahai orang-orang yang beriman jika kamu sekalian bertemu dengan sekelompok musuh maka teguhkanlah hatimu, dan berdzikirlah kepada Allah dengan dzikir yang banyak. Pasti kamu sekalian akan mendapatkan kemenagan. QS Al anfal : 45.
Orang berdzikir kpd Allah, dalam hatinya terpatri bahwa hanya Allahlah yang besar selain Allah itu kecil. Hanya Allahlah yang Mha kuat dan gagah perkasa, selain Allah itu lemah dan tidak berdaya. Hanya Allah lah yang memberi manfaat dan madharat, selain Allah tidak bisa meberi manfaat dan menimpakan madharat kecuali atas izin Allah.
Karena itu ketika akan menghadapi Firaun yang mahir beretorika, dan gagah perkasa dlm pandangan manusia, sementara musa adalah sosok yang lemah,lidahnya kelu, saat itu nabi musa berdzikir seraya berdoa kpd Allah

( ุฑَุจِّ ุงุดْุฑَุญْ ู„ِูŠ ุตَุฏْุฑِูŠ * ูˆَูŠَุณِّุฑْ ู„ِูŠ ุฃَู…ْุฑِูŠ * ูˆَุงุญْู„ُู„ْ ุนُู‚ْุฏَุฉً ู…ِู†ْ ู„ِุณَุงู†ِูŠ * ูŠَูْู‚َู‡ُูˆุง ู‚َูˆْู„ِูŠ * ูˆَุงุฌْุนَู„ْ ู„ِูŠ ูˆَุฒِูŠุฑًุง ู…ِู†ْ ุฃَู‡ْู„ِูŠ * ู‡َุงุฑُูˆู†َ ุฃَุฎِูŠ * ุงุดْุฏُุฏْ ุจِู‡ِ ุฃَุฒْุฑِูŠ * ูˆَุฃَุดْุฑِูƒْู‡ُ ูِูŠ ุฃَู…ْุฑِูŠ * ูƒَูŠْ ู†ُุณَุจِّุญَูƒَ ูƒَุซِูŠุฑًุง * ูˆَู†َุฐْูƒُุฑَูƒَ ูƒَุซِูŠุฑًุง * ุฅِู†َّูƒَ ูƒُู†ْุชَ ุจِู†َุง ุจَุตِูŠุฑًุง)
Ya Rabb lapangkanlah dadaku, mudahkan urusanku,lepaskanlah ikatan (kekakuan) dari lisanku, agar mereka memahami perkataanku, jadikanlah bagiku seorang pembantu dari keluargaku, yaitu Harun,saudaraku, perteguhlah kekuatanku dgnya, sertakan ia dalam urusanku, agar aku bisa banyak bertasbih,banyak berdzikir, sungguh engkau selalu melihatku.
[Surat Tha-Ha 25 - 35]

Terkait :

0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Arsitektur dan Konstruksi

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online


Didukung oleh: Suwur - Tenda SUWUR - OmaSae - Blogger - JayaSteel - Air Minum Isi Ulang - TAS Omasae - Furniture - Rumah Suwur - Bengkel Las -