[iklan]

Gocah Pahlawan atau Muhamad Dalik Khan adalah orang Keling (India) yang menjadi Panglima Tempur Aceh

 PANGLIMA GOCAH PAHLAWAN


Gocah Pahlawan atau Muhamad Dalik Khan adalah orang Keling (India) yang menjadi Panglima Tempur Aceh pada masa Aceh diperintah oleh Iskandar Muda1607-1636. 


Mengenai Julukan Gocah Pahlawan dilatar belakangi oleh suatu peristiwa, yaitu pada suatu hari, di Kuta Raja, Gajah Tunggangan Sultan Iskandar Muda mengamuk, sehingga melukai banyak orang, tanpa diduga-duga Muhamad Dalik Khan mampu menjinakkan Gajah tersebut, atas peristiwa itu Sultan kemudian mengangkatnya sebagai Prajurit dan menganugerahinya gelar Gojah Pahlawan atau Gocah Pahlawan, karena mampu menjadi Pahlawan dalam menjinakkan Gajah. 


Karir orang Keling ini kemudian melejit hingga menjadi Panglima Perang. Dibawah kepemimpinan beliau Aceh berhasil menjajah beberapa Negeri di Semenanjung Malaya dan Sumatra. 


Hikayat Deli mencatat bahwa beliau nantinya orang yang mendirikan Kesultanan Deli. Konon nama Deli diambil dari nama Delhi tempat tanah kelahirannya. 


Dahulu ketika Menaklukan Semenanjung (Pahang) ia menawan dua Putri Raja, Dimana salah satunya ia kawini (Putri Khairul Bariyah) dengan Putri ini ia memperoleh anak yang diberi nama Shofiah. 


Menurut Hikayat Deli, bahwa ketika Gocah Pahlawan sedang mengemban misi penaklukan Negeri Sambas, maka hal yang tidak diinginkannya terjadi, Istrinya diambil rajanya. 


Meskipun pahlawan yang paripurna dibandingkan dengan Raja Aceh lainnya, bahwa Iskandar Muda memang dalam beberapa Hikayat (Utama Hikayat yang terbit di bekas wilayah jajahan Aceh) bahwa Iskandar Muda itu dikisahkan sebagai Sultan Aceh yang paling gak tahan lihat  wanita yang bening-bening. 




Terkait :

0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Arsitektur dan Konstruksi

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online


Didukung oleh: Suwur - Tenda SUWUR - OmaSae - Blogger - JayaSteel - Air Minum Isi Ulang - TAS Omasae - Furniture - Rumah Suwur - Bengkel Las -