[iklan]

Goblok

 Goblok.


Apakah kalian udah sering baca kata kata 'goblok' di media sosial? Meski hurufnya diganti dengan "Go Block" tetap saja bacanya berbunyi goblok. Ya kata itu sedang viral sejak ada seorang rakyat yang mengkritik pemimpinnya dengan mengatakan kerjaan pemimpinnya itu goblok. 


Sinonim yang pas dengan kata Goblok adalah bodoh, tolol, dungu, bego, jahil. Mungkin bisa ditambah dengan geblék, keplék, kopler atau istilah yg semakna lainnya. 


Makna istilah dari Goblok adalah ketidakmampuan menggunakan akal secara benar, baik karena ketiadaan akal atau gila, kurang sempurnanya akal, kurangnya informasi awal yang dikumpulkan untuk menafsirkan fakta, atau tiadanya penilaian dengan hati nurani dalam memahami realitas untuk menentukan sikap atau tindakan.


Goblok juga bisa diartikan ketidakberanian dan ketidakmauan untuk mengambil sikap dan tindakan yang benar padahal informasi yang dikumpulkan telah dinilai oleh nurani dan akalnya sudah bisa menyimpulkan bahwa ini adalah tindakan dan pilihan yang benar, tapi malah mengambil sikap dan tindakan yang lain yang justru berlawanan dengan kesimpulan yang benar itu. Entah karena kesombongan atau adanya kepentingan pribadinya yang dirugikan karena tindakan yang benar itu. Itulah kenapa dulu ada istilah kaum jahiliyah yang  dinisbatkan kepada kaum kafir qurais dijaman Nabi. 


Jadi, Pemimpin yang tidak mampu menggunakan akalnya untuk menilai informasi dan fakta dengan benar dan tidak mau menggunakan hati nurani dalam menngambil sikap dan tindakan dia layak disebut pemimpin yang goblok.


Juga pemimpin yang sudah tahu bagaimana bersikap dan bertindak dengan benar tapi tidak berani dan tidak mau melakukannya dia juga layak disebut pemimpin yang goblok.[].

Catur Suprayogi

#GoBlock

#Goblok

#NangOmahWae

Terkait :

0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Arsitektur dan Konstruksi

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online


Didukung oleh: Suwur - Tenda SUWUR - OmaSae - Blogger - JayaSteel - Air Minum Isi Ulang - TAS Omasae - Furniture - Rumah Suwur - Bengkel Las -