[iklan]

Adanya kekuasaan : aktivitas amar ma'ruf dan nahi mungkar bisa lebih optimal dan efektif

Pelajaran yang bisa kita ambil dari Arab Saudi yang mengijinkan Rumy Al-Qahtani sebagai perempuan pertama asal negara tersebut untuk mengikuti ajang kompetisi ratu sejagad atau Miss Universe adalah :

1. Membuktikan bahwa kemungkaran itu secara fakta bisa dilakukan oleh negara. Maka memang untuk bisa mencegah kemungkaran itu memang harusnya oleh negara, bukan oleh individu atau oleh kelompok masyarakat.

2. Rumy Al-Qahtani sendiri mengaku senang sekaligus merasa terhormat bisa mewakili negaranya dalam kontes kecantikan dunia tersebut, ini jelas akibat mengikuti arus peradaban Barat, seolah peradaban Barat itu yang paling baik sebagai model kehidupan.

3. Disinilah korelasi dakwah yang bertujuan terwujudnya as sulthan (kekuasaan), agar dengan kekuasaan tersebut menjadi wasilah terwujudnya penerapan syariah Islam secara kaffah, sehingga dengannya kemudian kemungkaran bisa dicegah.

Khalifah ‘Utsman bin Affan رضي الله عنه berkata :

إن الله ليزع بالسلطان ما لا يزع بالقرآن

"Sesungguhnya, Allah akan benar-benar mencegah dengan kekuasaan, yang tidak bisa dicegah oleh Al Quran." (Syaikh Muhammad Husain Abdullah, At thariqah asy syar'iyyah Li isti'nafi al hayah al islamiyyah)

Imam Al Ghazali mengatakan:

الدين والسلطان توأمان، الدين أس والسلطان حارس، فما لا أس له فمهدوم وما لا حارس له فضائع

"Agama dan kekuasaan (ibarat) saudara kembar. Agama adalah pondasi dan kekuasaan adalah penjaga. Sesuatu yang tanpa pondasi niscaya runtuh dan sesuatu tanpa penjaga niscaya lenyap” (Imam al-Ghazali, al-Iqtishâd fî al-I’tiqâd).

Imam al-Mawardi dalam al-Ahkam al-Sulthaniyyah, :

الإمامة موضوعة لخلافة النبوة في حراسة الدين وسياسة الدنيا

Kepemimpinan (Imamah) itu dibangun untuk pengganti (fungsi) kenabian dalam menjaga agama serta mengurusi urusan duniawi.

Maka, sudah benarlah jika antum sekarang berada dalam barisan dakwah yang fokus dalam usaha dakwah untuk terwujudnya kekuasaan tersebut, karena memang hanya dengan adanya kekuasaan itulah aktivitas amar ma'ruf dan nahi mungkar bisa lebih optimal dan efektif.

Kekuasaan bukan tujuan dalam perjuangan dakwah, namun ia adalah wasilah untuk terwujudnya kehidupan Islam, yakni kehidupan yang diatur dengan syariah Islam secara kaffah. Inilah tujuan dakwah. In sya Allah.

Adi Victoria

Terkait :

0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Arsitektur dan Konstruksi

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online


Didukung oleh: Suwur - Tenda SUWUR - OmaSae - Blogger - JayaSteel - Air Minum Isi Ulang - TAS Omasae - Furniture - Rumah Suwur - Bengkel Las -