[iklan]

Fungsi kekuasaan : menegakkan Agama Islam , mengurus berbagai urusan dan kepentingan masyarakat per individu

 *Catatan Bedah Buletin Dakwah Kaffah*


*Hari/tgl* : Jum'at, 15 Maret 2024

 

*judul* :  Mengembalikan Fungsi Kekuatan Sesuai Ajaran Islam


*Pentingnya Kekuasaan dalam Islam* 


Acara dimulai dengan pemaparan Materi Oleh Ustadz Furqon. Pembahasan dimulai dengan *pentingnya kekuasaan dalam Islam* seperti yang disampaikan Imam Al Ghazali rahimakumullah bahwa : "Ad diinu Wa shulthonu yaumaani, Ad ddin ussun wash shulthoonu haaritsun, famaa laa ussa lahu famhduumun, wamaa laa haritsa lahu fadhoo i'"


Artinya : Agama dan kekuasaan adalah saudara kembar, Agama adalah pondasi dan kekuasaan adalah penjaganya. Apa saja yang tidak memiliki pondasi akan hancur, apa saja yang tidak punya penjaga akan lenyap.


*Fungsi Kekuasaan*

Fungsi kekuasaan

Menurut beliau yang dikutip dari penjelasan Imam Ibnu Katsir bahwa fungsi kekuasaan ada dua

*Pertama* adalah untuk menegakkan Agama Islam 

Maksudnya adalah mennjalankan semua ajaran Islam yang mengatur hubungan hamba dengan Tuhannya, baik dalam ajaran aqidah maupun ajaran ibadah. 


Mengatur hubungan manusia dengan dirinya sendiri yaitu aturan tentang makanan, minuman, berpakaian dan berprilaku/akhlaq.


maupun mengatur  manusia dengan sesamanya. Yaitu aturan tentang muamalah (sistim pemerintahan, sistim perekonomian, sistim pendidikan, sistim pergaulan laki dan perempuan dll) dan uqubat

Salah satu contohnya adalah tentang uqubat atau sistem sangsi. Baik mengenai hudud, jinayat, ta'jir, mukholafat dan lain sebagainya. 


*Kedua* adalah untuk mengurus berbagai urusan dan kepentingan masyarakat per individu.

Per individu diurusi mulai pendidikan, ekonomi, kesehatan dan keamanan. Jangan sampai ada yang menzalimi. Tidak ada pihak yang kuat memangsa yang lemah.

Setelah itu disampaikan pertanyaan atau tanggapan, sehingga acaranya lebih hidup. Salah pertanyaan adalah tentang ruh dan qolbu.


Sehingga ketika kekuasaan itu digunakan untuk menegakkan Islam secara menyeluruh dan mengurusi urusan masyarakat dengan ajaran Islam insya Allah seluruh masyarakat akan merasakan kebahagiaan. 

Sebagaimana firman Allah, seandainya penduduk negeri itu beriman dan bertaqwa  maka akan aku bukankan atas mereka keberkahan dari langit dan dari bumi, akan tetapi mereka mendustai maka aku ambil keberkahan itu disebabkan karena perbuatan mereka.


Demikian catatan Bedah buletin kaffah.


Semoga bermanfaat... 

So ikuti terus... Agendan bedah buletin berikutnya... Terima kasih...

Terkait :

0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Arsitektur dan Konstruksi

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online


Didukung oleh: Suwur - Tenda SUWUR - OmaSae - Blogger - JayaSteel - Air Minum Isi Ulang - TAS Omasae - Furniture - Rumah Suwur - Bengkel Las -