[iklan]

Fanatik buta terhadap Satu Golongan

 


Kuncinya itu saya dapatkan "benang merahnya" ketika berkumpul berduduk satu majelis dengan para 'alim 'ulama (ahli ilmu).

 Bahwa fanatik buta yang di maksud bermakna "Ketika suatu golongan terlihat secara dhohir (jelas) menyimpang dari syari'at Allah namun masih tetap kita bela di agungkan, dibela habis-habisan, maka itu keliru di dalam islam, itu yang dinamakan fanatik buta!" 

Lalu bagaimana jika ada kelompok jama'ah yang mendakwahkan islam dan syari'atnya? apakah harus kita dukung? apakah kita harus bela? apakah kita harus ikut andil? apakah termasuk fanatik?   

"Yaa, kalau saja masih mengakui dirinya seorang muslim, beragama islam. Dan sadar bahwa dakwah itu kewajiban seluruh ummat islam. Kenapa kita tidak dukung dan ikut andil?" kenapa kita tidak bela? itu bukan fanatik! analisa dan tabayyun lebih baik, sebelah mana penyimpangan syari'at nya? 

Sebab untuk merealisasikan taqlif (Tugas, yang berbuah pahala) dari Allah SWT :

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

ูˆَู„ْุชَูƒُู†ْ ู…ِّู†ْูƒُู…ْ ุงُู…َّุฉٌ ูŠَّุฏْุนُูˆْู†َ ุงِู„َู‰ ุงู„ْุฎَูŠْุฑِ ูˆَูŠَุฃْู…ُุฑُูˆْู†َ ุจِุง ู„ْู…َุนْุฑُูˆْูِ ูˆَูŠَู†ْู‡َูˆْู†َ ุนَู†ِ ุงู„ْู…ُู†ْูƒَุฑِ ۗ ูˆَุงُ ูˆู„ٰุٓฆِูƒَ ู‡ُู…ُ ุงู„ْู…ُูْู„ِุญُูˆْู†َ

waltakum mingkum ummatuy yad'uuna ilal-khoiri wa ya`muruuna bil-ma'ruufi wa yan-hauna 'anil-mungkar, wa ulaaa`ika humul-muflihuun

"Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung."

(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 104)

 ูˆู„ุชูƒู† ู…ู†ูƒู… ,

(Laam) disini Laam tawkid yang memiliki makna "Penegasan" yakni "harus!"

Keharusan! ada segolongan orang (umat) yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. 

Menurut ahli tafsir kalimat (ุงู„ู‰ ุงู„ุฎูŠุฑ) illal khair bermakna ุงู„ุงุณู„ู… ูˆ ุดุฑุงุนู‡ "al islamu wa syaraa 'ihi." (menyeru kepada islam dan syari'at nya). 

Tentunya segala aspek kehidupan mulai dari bangun tidur hingga membangun suatu peradaban itu harus (diatur) berlandaskan islam, qiyyadah fikriyah (kepemimpinan berfikir) nya juga. 

Kesimpulan nya Kalau fanatik buta terhadap satu golongan itu ngga boleh,

kalau fanatik sama islam dan syari'atnya boleh kan? bahkan wajib! 

#fanatikbuta #menulisuntukummat #tintasyasy #yoseppalahudin #kebangkitanislam #peradabanislam

Terkait :

0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Arsitektur dan Konstruksi

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online


Didukung oleh: Suwur - Tenda SUWUR - OmaSae - Blogger - JayaSteel - Air Minum Isi Ulang - TAS Omasae - Furniture - Rumah Suwur - Bengkel Las -