[iklan]

Warisan itu bukan hanya tentang harta, terkadang reputasi baik ayahmu sudah lebih dari cukup

Belajar Bahasa Arab

إن الحياة أهم من أن تنسى ولكنها أقل من أن تكون غاية

Kehidupan terlalu penting untuk engkau lupakan, akan tetapi terlalu remeh untuk jadi tujuan.

لا تحسدوا الناس على نصيبهم من الفرح، لمجرد أن نصيبهم من الحزن لم يُر

Jangan iri terhadap kebahagiaan yang dirasakan orang lain, hanya karena sisi kesedihan mereka tak terlihat.


لَاتَختَار أَجمَل شَخص فِي العَالم، اختَار الشَّخص الَّذِي يَجعَل مَنْ عَالمك الأَجمَل

Jangan memilih orang yang paling indah di dunia ini, tapi pilihlah orang yang menjadikan duniamu lebih indah.

اللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوَّلَ النَّهَارِ صَلاحًا وَأَوْسَطَهُ نَجَاحًا وَآخِرَهُ فَلاحًا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Ya Allah, jadikanlah permulaan hari ini suatu kebaikan dan pertengahannya suatu kemenangan dan penghabisannya suatu kejayaan, Ya Allah Yang Maha Penyayang dari segala penyayang.

وَمَا مَنَعُوا زَكَاةَ أَمْوَالِهِمْ إِلَّا مُنِعُوا الْقَطْرَ مِنَ السَّمَاءِ وَلَوْلَا الْبَهَائِمُ لَمْ يُمْطَرُوا

"Tidaklah mereka menahan zakat hartanya, kecuali hujan dari langit juga akan ditahan dari mereka. Seandainya bukan karena hewan-hewan, manusia tidak akan diberi hujan." (HR. Ibn Majah)

فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

“Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kalian tidak mengetahui.” (QS. An-Nahl [16]: 43)

مرَّ رسول الله ﷺ بعبد الله بن مسعود وهو حزين، فقال له: " لا تُكثر همَّك، ما يُقدَّر يكن، وما تُرزَق يأتِكَ "

Suatu hari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melewati Abdullah bin Mas'ud yang sedang bersedih lantas beliau bersabda: "Jangan perbanyak kesedihanmu, apa yang ditakdirkan pasti akan terjadi dan apa yang akan direzekikan pasti akan datang kepadamu." (HR. al-Baihaqi)

أَوَّلُ الإِمَارَةِ مَلامَةٌ، وَثَانِيهَا نَدَامَةٌ، وَثَالِثُهَا عَذَابٌ مِنَ اللَّهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، إِلا مَنْ رَحِمَ وَعَدَلَ.

"Kepemimpinan itu awalnya cacian, yang kedua penyesalan dan yang ketiga azab dari Allah pada Hari Kiamat nanti; kecuali yang memimpin dengan kasih sayang dan adil." (HR. ath-Thabarani).

قال بعض السلف: لو أن رجلا سمع بأحد أطوع لله منه كان ينبغي له أن يحزنه ذلك

Ulama terdahulu bilang: Seandainya seseorang mendengar ada orang lain yg lebih taat pada Allah dari dirinya, sudah selayaknya dia sedih karena dia telah diungguli dalam perkara ketaatan.

لَيْسَ الوَرث مَال فَقَط، أَحيَانًا تَكُون سمعَة أَبُوك الطَّيّبَة تَكفِي، وَأَيْنمَا تَذهَب يُقَال لَك أَبُوك مِنْ خَيرة النَّاس

Warisan itu bukan hanya tentang harta, terkadang reputasi baik ayahmu sudah lebih dari cukup, dan kemanapun kamu pergi, orang lain berkata, bahwa ayahmu adalah salah satu orang terbaik

اُنْظُرُوْا إِلَى مَنْ أَسْفَلَ مِنْكُمْ، وَلاَ تَنْظُرُوْا إِلَى مَنْ فَوْقَكُمْ، فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لاَ تَزْدَرُوْا نِعْمَةَ اللهِ عَلَيْكُمْ.

"Lihatlah kepada orang-orang yang lebih rendah daripada kalian (dalam hal dunia), dan janganlah kalian melihat kepada orang-orang yang berada di atas kalian, karena yang demikian itu lebih patut bagi kalian, supaya kalian tidak meremehkan nikmat Allâh yang telah dianugerahkan kepada kalian.” (HR. al-Bukhâri, 6490; Muslim, 2963; At-Tirmidzi, 2513; Ibnu Majah, 4142)

إذا رأيت ربَّك يُتابع نعمه عليك، وأنت تعصيه فاحذره

Apabila engkau melihat Rabb-mu terus berturut-turut memberikan nikmat kepadamu padahal engkau dalam keadaan selalu bermaksiat kepada-Nya, waspadalah!. (Abu Hazim al-Madini rh)

من أراد أن يقضي اللّه له بالخير فليحسن الظن بالناس 

Sesiapa yg ingin Allah menetapkan kebaikan bagi dirinya, hendaklah ia berbaik sangka kepada orang lain. (Imam asy-Syafi'i rh)

إذا جالست فكن على أن تسمع أحرص منك على أن تقول، و تعلم حسن الاستماع كما تتعلم حسن القول، و لا تقطع على أحد حديثه

Apabila engkau sedang duduk berbicara dengan orang lain, hendaknya engkau bersemangat mendengar melebihi semangat engkau berbicara. Belajarlah menjadi pendengar yg baik sebagaimana engkau belajar menjadi pembicara yg baik. Janganlah engkau memotong pembicaraan orang lain. (al-Hasan al-Bashri rh)

قال علي بن أبي طالب رضى الله عنه: مَن اشْتَاقَ إلى الجَنَّة، سَلَا عن الشهوات في الدنيا.

Ali bin Abi Thalib ra berkata: "Siapa yang merindukan surga; ia melupakan segala syahwat di dunia."

ﻓﻤﻦ ﻭُﻓِّﻖَ ﻟﻠﻌﻤﻞ بكل أذكار الصباح والمساء ﻓﻬﻲ نعمة ﻭﻓﻀﻞ ﻣﻦ الله ﺗﻌﺎﻟﻰ عليه ﻭﻃﻮﺑﻰ له، ﻭﻣﻦ ﻋﺠﺰ ﻋﻦ ﺟﻤﻴﻌﻬﺎ، ﻓﻠﻴﻘﺘﺼﺮ ﻣﻦ ﻣﺨﺘﺼﺮاﺗﻬﺎ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﺷﺎء ﻭﻟﻮ ﻛﺎﻥ ﺫكراً واحداً

Barangsiapa yang diberi taufik untuk bisa mengerjakan setiap dzikir-dzikir pagi dan sore maka itu adalah nikmat dan keutamaan dari Allah ta'ala, berbahagialah dia. Dan barang siapa yang tidak mampu dari melakukan semuanya, hendaklah dia mencukupkan dengan yang ringkas-ringkas atas apa yang dia kehendaki walau hanya satu dzikir saja. (Imam an-Nawawi rh)

إنَّ من أنفع أيام المؤمن له في الدنيا ما ظن أنَّه لا يدرك آخره

Sejatinya hari yang paling bermanfaat bagi seorang mukmin di dunia adalah hari dimana dia merasa hari esok sulit ia temui.

كن عند اللّٰه خير الناس و كن عند النفس شر الناس و كن عند الناس رجلا من الناس

Jadilah manusia terbaik di sisi Allah. Jadilah manusia terburuk dalam pandangan dirimu. Dan jadilah manusia biasa di hadapan orang lain. (Ali bin Abi Thalib ra)

من أراد الفلاح فليصر ترابا تحت أقدام الشيوخ

Barangsiapa yang menginginkan kebahagiaan dunia-akhirat maka jadilah ia laksana debu di bawah telapak kaki para guru. (Syaikh Abdul Qadir al-Jilani rh)

صلوا في ظلمة الليل لوحشة القبور؛ ‏وصوموا الدنيا لحر يوم النشور؛ ‏وتصدقوا مخافة يوم عسير

Shalatlah kalian di malam yg gelap gulita untuk menghadapi kengerian kubur. Berpuasalah kalian di dunia untuk kebebasan pada hari kebangkitan. Dan bersedekahlah kalian karena takut akan hari kiamat yang sulit. (Abu Dzar al-Ghifari rh)

إِنَّ اللهَ يُعْطِي الدُّنْيَا مَنْ يُحِبُّ وَمَنْ لاَ يُحِبُّ ، وَلاَ يُعْطِي الإيْمَانَ إِلاَّ مَنْ يُحِبُّ

Sesungguhnya Allah memberi dunia pada orang yang Allah cinta maupun tidak. Sedangkan iman hanya diberikan kepada orang yang Allah cinta. (Ibnu Mas'ud ra)

Terkait :

0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Arsitektur dan Konstruksi

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online


Didukung oleh: Suwur - Tenda SUWUR - OmaSae - Blogger - JayaSteel - Air Minum Isi Ulang - TAS Omasae - Furniture - Rumah Suwur - Bengkel Las -