[iklan]

Manusia lebih butuh ilmu agama ketimbang roti dan air

الناس يحتاجون إلى العلم قبل الخبز والماء لأن العلم يحتاج إليه الانسان في كل ساعة، والخبز والماء في اليوم مرة أو مرتين

Manusia lebih butuh ilmu agama ketimbang roti dan air, sebab ilmu dibutuhkan setiap saat, sedangkan roti dan air hanya dibutuhkan sekali atau dua kali dalam sehari. (Imam Ahmad rh)

من لا يرى في يومه ما يستحق التبسم، فليغلق عينيه عشر دقائق ليعلم أن رؤية النور وحده تستحق الإبتسامة 

Orang yang merasa tidak melihat sesuatu yang layak untuk membuatnya tersenyum pada hari-harinya, hendaklah ia menutup matanya 10 detik saja, supaya ia tahu bahwa melihat cahaya itu sendiri

 merupakan hal yang pantas untuk membuatnya tersenyum.

‏ﻻ تحزن إذا لم يقدر أحد إهتمامك وطيبتك لأن طبيعة البشر لا تدرك النعم إلا بعد زوالها

Jangan bersedih jika orang lain tak menghargai perhatian dan kebaikanmu, karena menyadari anugerah nikmat setelah kehilangan memang sudah menjadi karakter manusia. (Syaikh Ali ath-Thantawi rh)

كلام الناس مثل الصخور إمّا أن تحملها على ظهرك، فتنكسر أو تبني بها برجاً تحت أقدامك، فتعلو به وتنتصر

Perkataan orang lain itu laksana bebatuan, jika dibebankan pada punggungmu, maka akan menghancurkanmu, atau kamu bangun dari bebatuan itu sebuah menara pijakan di bawah kakimu, maka engkau akan bangkit dan menang.

لا أضرَّ علىٰ العبدِ مِن أمرَيْنِ: غفلتُهُ عن ذِكرِ اللَّـهِ، ومُخالفتِهِ لِأمرِ اللَّـهِ

Tak ada yang lebih berbahaya bagi seorang hamba daripada dua perkara: Lalainya dari berdzikir kepada Allah, dan pelanggarannya terhadap perintah Allah. (Ibnu al-Jauzi rh)

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

"Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untuk kalian dari jenis kalian sendiri, agar kalian cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antara kalian rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir." (QS. Ar-Rum: 21)

لن تستطيع أن توقف الوقت، لكنك تستطيع أن تتوقف عن إضاعته

Kamu memang tidak mampu menghentikan waktu, tetapi kamu pasti mampu berhenti menyia-nyiakan waktu

الحياة مثل الكتاب، بعض الفصول حزينة، بعضها سعيدة وبعضها مثيرة. لكن إذا لم تفتح صفحة جديدة فإنك لن تعرف مايخبئه لك الفصل التالي

Kehidupan itu laksana sebuah buku cerita, ada kisah sedih, kisah bahagia dan ada pula kisah yang membangkitkan. Akan tetapi, ketika halaman baru belum terbuka, maka kisah yang tersimpan di halaman berikutnya hanya akan menjadi misteri.

ولدتك أمك يا ابن آدم باكيًا، والناس حولك يضحكون سرورًا، فاعمل لنفسك أن تكون إذا بكـوا في يوم موتك ضاحكًا مسرورًا

Wahai manusia, engkau dilahirkan ibumu dalam keadaan menangis, sedangkan orang di sekitarmu tertawa gembira. Maka beramal shalihlah untuk dirimu, agar kelak di hari kematianmu mereka yang menangis, sedangkan engkau yang tertawa gembira.

‏الناس منذ خلقوا لم يزالوا مسافرين وليس لهم حط عن رحالهم إلا في الجنة أو النار.

Manusia semenjak mereka diciptakan senantiasa dalam perjalanan, dan tak ada tempat hinggap dari perjalanan mereka kecuali di surga atau neraka. (Ibnul Qayyim rh)

السعادة لن تأتي أبداً لأولئك الذين لا يقدّرون ما لديهم

Kebahagiaan tidak akan pernah datang kepada mereka yang tidak menghargai apa yang telah mereka miliki.

يقول أحد الحكماء: قد ينصحك شخص بأمر وهو لا يفعله .. ليس لأنه متناقض، بل ربما تمنى لك الخير في أمر لم يستطيع فعله

Seorang bijak berkata: Kadang ada seseorang yang memberimu suatu nasihat, namun orang itu sendiri tidak mengerjakannya. Sebetulnya ini bukanlah hal yang saling bertolak belakang. Namun bisa jadi orang itu berharap engkau memperoleh kebaikan dalam perkara yang belum sanggup ia lakukan.

حتى لو سمعت قصة سيئة عني، افهم أن هناك وقت كنت جيدا مع هؤلاء الناس أيضا، لكنهم لن يخبرونك بذلك

Jika kamu mendengar cerita buruk tentangku, mengertilah bahwa ada suatu waktu, dimana aku juga berhubungan baik dengan mereka, tetapi mereka tidak akan memberitahumu akan hal itu.

ﻇﻦ ﺍﻷﻏﻨﻴﺎﺀ ﺃﻥ ﺍﻟﺴﻌﺎﺩﺓ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺎﻝ ﻭﻇﻦ ﺍﻟﻤﻠﻮﻙ ﺃﻧﻬﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﻠﻄﺔ ﻭﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﺃﻥ ﺍﻟﺴﻌﺎﺩﺓ ﻓﻲ ﻋﺒﺎﺩﺓ ﺍﻟﻠﻪ

Orang kaya menduga kebahagiaan itu terdapat pada harta. Sedangkan para penguasa menganggap kebahagiaan itu ada pada kuasa. Namun yang benar, justru kebahagiaan itu hadir ketika tunduk menyembah Allah Yang Maha Esa.

‏ﻟﻴﺲ ﺍﻟﺴﻘﻴﻢ ﻣﻦ ﺍﺑﺘﻼﻩ ﺭﺑﻪ ﻓﻲ ﺟﺴﺪﻩ ﻭﺇﻧﻤﺎ ﺍﻟﺴﻘﻴﻢ ﻣﻦ ﺁﺗﺎﻩ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻌﺎﻓﻴﺔ ﻓﻲ ﻛﻞ ﻣﺎ ﻳﻤﻠﻚ ،،،، ﻭﻻ ﻳﺨﻄﺮ ﻓﻲ ﺑﺎﻟﻪ ﺃﻥ ﻳﺄﺗﻲ ﻣﺴﺠﺪﺍً ﻟﻴﺼﻠﻲ ﻓﻴﻪ !!!

Orang yang sakit itu bukan seseorang yang diuji oleh Allah pada tubuhnya, tetapi orang yang sakit itu adalah seseorang yang Allah berikan sehat sejahtera pada semua yang dia miliki.. namun tak terlintas dalam benak pikirannya mendatangi masjid untuk sholat di dalamnya.


كل الفخاخ التي وضعت لاصطياد الطيور والحيوانات افكارها مبنية على خداعها بالطعام، كذلك الشعوب التي همها بطونها يسهل اصطيادها بسهولة .

Semua perangkap yang dibuat demi menjebak burung dan hewan, ide dasarnya mengelabui dengan makanan. Demikian pula bangsa yang hanya mengurusi perut saja, maka tentu sangat mudah sekali menjebaknya.


Terkait :

0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Arsitektur dan Konstruksi

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online


Didukung oleh: Suwur - Tenda SUWUR - OmaSae - Blogger - JayaSteel - Air Minum Isi Ulang - TAS Omasae - Furniture - Rumah Suwur - Bengkel Las -