[iklan]

KAMU MERDEKA, KAMU MULIA

Tulisan Falih : 

Assalamualaikum
Disini saya meresum materi hari Ahad, 20 Agustus 2023 yang diambil dari buletin Teman Surga, dengan tema MERDEKA.

"KAMU MERDEKA, KAMU MULIA"

Oleh Falih

Resum materi pada Ahad, 20 Agustus 2023 yang diambil dari buletin Teman Surga, dengan tema MERDEKA.

Sebenarnya yang kita rasakan saat ini belum merdeka, ada 3 pokok masalah yang masih menjadi problem atau yang sedang menjajah kita.

Masalah yang pertama yaitu dijajah oleh teman sendiri. Yaitu sering dibuli, sering dihina, sering diajak dalam hal yang buruk-buruk.

Dimana kita saat itu harus bisa memilih teman. Karena kenapa? Teman juga bisa mempengaruhi kita. Kita juga harus bisa mengukur diri kita. Kalau kita mampu bergaul dengan mereka yang agak nakal, maka kita boleh bergaul dengan mereka. Niat atau mindset kita harus diubah, yaitu dengan tujuan "Gimana caranya mereka bisa berubah". Tetapi jika kita merasa diri kita tidak mampu atau mudah terbawa arus, sebaiknya kita menjaga diri dan menguatkan diri.

Untuk masalah yang kedua, yaitu mulai masuknya budaya Barat. Dimana ini sangat berbahaya untuk umat muslin dan seluruh manusia. Kita tahu budaya Barat yang sangat buruk. Banyaknya lgbt, pacaran, hamil di luar nikah, cara berpakaian, dan lain-lain. Hal itu bisa menurunkan kualitas muslim yang akan menimbulkan menurunnya tingkat orang yang menerapkan syariat ALLAH.

Oleh karena itu kita harus bisa membentengi atau memperkuat diri dan iman untuk terhindar dari hal buruk itu.

Ketiga, yaitu dijajah oleh hawa nafsu. Dimana kita tau musuh kita sebagai manusia adalah nafsu kita sendiri. Kalau kita tidak bisa mengendalikan nafsu itu, maka nafsu yang akan mengendalikan kita. Dan kalau nafsu mengendalikan kita, maka apa yang akan terjadi, pasti sangat buruk.

Oleh karena itu kita harus bisa membentengi diri kita dengan agama kita. Dekatkan diri kepada Tuhan, maka hidupmu akan selamat.

Jadi sebagai muslim yang baik maka dekatkan diri kepada agama, dan kuncinya cuma satu "cintai Tuhanmu", jika kamu mencintai Tuhanmu, maka kamu akan menjalankan apa yang diperintahkan Tuhanmu.

Jadi merdeka yang sebenarnya yaitu kita bebas atau tanpa ada gangguan dalam beribadah dan menjalankan Islam dengan baik.

==


Mindset

"Mindset" adalah istilah dalam bahasa Inggris yang mengacu pada pola pikir, sikap, atau kerangka berpikir seseorang terhadap diri sendiri, situasi, dan dunia di sekitarnya. Mindset mencerminkan cara individu memandang kemampuan, potensi, dan bagaimana mereka menghadapi tantangan.

Dalam literatur psikologi dan pengembangan pribadi, ada dua jenis mindset yang sering dibicarakan:

1. Fixed Mindset (Pemikiran Tetap):

Seseorang dengan fixed mindset percaya bahwa kemampuan, kepandaian, dan karakteristik lainnya tidak berubah secara signifikan. Mereka cenderung menghindari tantangan karena takut gagal dan melihat kegagalan sebagai tanda kurangnya kemampuan. Orang dengan fixed mindset cenderung merasa terancam oleh kesuksesan orang lain dan mungkin meremehkan usaha mereka sendiri.

2. Growth Mindset (Pemikiran Pertumbuhan):

Seseorang dengan growth mindset percaya bahwa kemampuan dan kepandaian dapat berkembang melalui usaha, pembelajaran, dan ketekunan. Mereka melihat tantangan sebagai peluang untuk belajar dan berkembang. Kegagalan dipandang sebagai langkah menuju kesuksesan yang lebih besar. Orang dengan growth mindset lebih menerima kritik dan mendorong diri mereka untuk terus berkembang.

Mindset dapat memiliki dampak besar pada bagaimana seseorang menghadapi tantangan, mencapai tujuan, dan meraih kesuksesan. Penting untuk memahami jenis mindset yang kita miliki dan, jika perlu, berusaha untuk mengembangkan growth mindset untuk meraih potensi penuh kita.

Penting untuk dicatat bahwa konsep mindset lebih dari sekadar kata-kata. Mindset mempengaruhi tindakan, persepsi, dan bagaimana seseorang berinteraksi dengan dunia di sekitarnya.

Terkait :

0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Arsitektur dan Konstruksi

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online


Didukung oleh: Suwur - Tenda SUWUR - OmaSae - Blogger - JayaSteel - Air Minum Isi Ulang - TAS Omasae - Furniture - Rumah Suwur - Bengkel Las -

- -
- : -
:

-