[iklan]

Kata Mutiara : Belajar bahasa Arab : Nasehat

 ‏لاتكره شيئًا اختاره الله لك، فعلى البلاءِ تؤجر ، وعلى المرض تؤجر، وعلى الفقدِ تؤجر، وعلى الصبرِ تؤجر، فرب الخير لا يأتي إلا بخير.

Jangan benci sesuatu yang Allah pilihkan bagimu. Sebab, setiap ujian, sakit, takdir dan kesabaran, mengandung pahala. Rabb yang Maha Baik hanya akan mendatangkan kebaikan pula.

 

تولى أبو عبيدة حكم الشام فمات بالطاعون، ثم تولى معاذ فمات بالطاعون، فلما تولاها عمرو بن العاص خطب في الناس قائلا: أيها الناس إن الطاعون كالنار المشتعلة و أنتم وقودها فتفرقوا و تجبلوا حتى لا تجد النار ما يشعلها فتنطفيء و حدها، فلما سمعوا و استجابوا نجوا جميعا و رفع الله ابلاء

Abu 'Ubaidah ra menjabat pemerintahan negeri Syam, lalu wafat terkena wabah. Jabatan dilanjutkan Mu'adz ra, pun sama wafat terkena wabah. Ketika 'Amru bin al-'Ash ra memimpin Syam, memberi instruksi pada rakyatnya: "Wahai para penduduk, wabah ini laksana kobaran api yang menjalar, kalian itu kayu bakarnya, jadi berpencarlah dan isolasi diri di gunung-gunung, supaya api itu tidak mendapatkan bahan bakar lagi lalu padam sendiri". Para penduduk mematuhi dan menjalankan perintah tersebut, akhirnya semua selamat dan musibah itu Allah hilangkan. 


‏إذا لم تستطع منافسة الصالحين في أعمالهم فنافس المذنبين في استغفارهم

Jika anda tidak mampu menyaingi amalnya orang shalih, maka saingilah istighfarnya orang yg pernah berbuat dosa. (Ibn Rajab rh)



‏ثلاث حافظ عليها تسعد: اذا ظهرت عليك نعمة فاحمد الله، واذا ابطأ عنك الرزق فاستغفر الله واذا اصابتك شدة فأكثر من قول: لٱ حول ولا قوة الا بالله

Jagalah tiga hal, engkau bakal bahagia: Pertama, ketika menerima kenikmatan, pujilah Allah; Kedua, saat rezeki terlambat datang, mohonlah ampun pada-Nya; Ketiga, kala tertimpa kesulitan, seringlah berdzikir laa haula walaa quwwata illaa biLlah [Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah].


‏سألت السعادة: متى تسكنين القلب؟ قالت إذا توفرت فيه ثلاثة اشياء: عدم الحزن علي ما فات و عدم القلق علي ما هو آت و الرضا بما قسم رب السماوات

Aku tanya sang kebahagiaan: "Kapan kamu singgah di hati?" Sang kebahagiaan menjawab: "Jika kamu siapkan hatimu dengan tiga perkara:
1) tidak bersedih ketika kehilangan sesuatu;
2) tidak risau atas kejadian di masa depan; dan
3) rela terhadap pemberian dari Rabb pemilik dan pemelihara langit."


‏أقل درجات الرزق المال⁩، و من أعلاها الصحة والعافية، فصلاح الأبناء من أفضل الرزق و صلاح الزوج من تمام الرزق، وفي الحديث "سلوا الله العافية فإنه لم يعط عبد شيئا أفضل من العافية

Rezeki tingkat paling rendah adalah harta, sedangkan yg paling tinggi adalah kesehatan dan keselamatan dunia-akhirat. Jadi, generasi yang shalih adalah rezeki yang utama. Sedangkan pasangan yang shalih adalah rezeki yang sempurna. Dalam hadits disebutkan: 'Mintalah keselamatan pada Allah, karena karunia yang terbaik bagi seorang hamba adalah keselamatan dunia-akhirat'

========== .

 ‏الإستغفار يمطر أرزاقاً و أفراحاً وسعادة ويحقق أحلاماً قد دُفنت وأماني قد نُسيت، استغفروا يأتيكم رزقكم من حيث لا تعلمون وتفتح لكم الأبواب

Istighfar itu mampu menurunkan rezeki, kegembiraan, kebahagiaan, mewujudkan mimpi yang terpendam, dan cita-cita yang hilang. Jadi beristighfarlah kalian, rezeki akan datang dari jalan yang tidak diketahui, serta berbagai pintu-pintu kemudahan akan terbuka.

 

‏قالت مريم "يا ليتني مِتُ قبل هذا" ولم تعلم أن في بطنها "نبي". بعض البشائر تولد من رحم المصائب
فلا تيأس إن طال بك البلاء وثق بمن يدبر أمرك

Maryam ibunda Nabi Isa as, mengeluh kesakitan jelang melahirkan: "Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini" (QS. Maryam: 23). Beliau belum tahu, di perutnya ada seorang Nabi. Begitulah, sebagian anugerah justru lahir dari 'rahim' musibah. Maka janganlah kamu putus asa, meski ujian begitu lama. Percayalah pada Sang Maha Pengatur urusanmu. 


‏إذا بلغك شيء من الخير فاعمل به ولو مرة واحدة تكن من أهله

Jika sampai kepadamu sebuah kebaikan, maka amalkan kebaikan itu walau hanya sekali, niscaya kamu menjadi kalangan ahli kebaikan. (Amru bin Qais ra)


الجاهل ليس من يجهل القراءة والكتابة.. الجاهل من يعرف إتجاه القبلة ولا يصلي

Orang bodoh itu, bukanlah orang yg tidak bisa membaca dan menulis. Akan tetapi, orang bodoh itu, adalah mereka yang tahu arah kiblat, namun enggan shalat.


‏شيء واحد لا تندم عليه أبداً هو حسن خلقك مع الناس حتى وان قابلوك بالاساءة فإن افضل المؤمنين عند الله أحسنهم خلقاً

Satu hal yang tidak akan kamu sesali selamanya, adalah akhlak baik terhadap orang lain, meskipun mereka membalasnya dengan keburukan. Karena sejatinya, mukmin yang paling utama disisi Allah adalah yang paling baik akhlaknya.


‏الستر على مسلم أمر ليس بالسهل، لأن الإنسان بطبيعته فضولي، لذلك كان جزاء من يستر أخاه عظيم، بأن يستره الله يوم القيامة أمام جميع الناس

Menutupi aib seorang muslim bukan perkara mudah, sebab manusia tabiatnya suka penasaran dan selalu ingin tahu. Karena itu pahala besar menanti bagi siapapun yang menutupi aib saudaranya, sebab kelak Allah akan menutupi aibnya di hadapan semua manusia di hari kiamat.


وأما الصلاة على الكافر والدعاء له بالمغفرة فحرام بنص القرآن والإجماع

Menshalati orang kafir dan mendoakan agar diampuni dosanya, maka ini merupakan perbuatan haram, berdasarkan nash al-Qur'an dan ijma. (Imam an-Nawawi rh)


أوصيكم بملازمة الأذكار و الأوراد و ان يكون لكل واحد منكم حصة خالية ينقطع فيها الى الله بالدعاء و الذكر فى جوف الليل

Aku wasiati kalian agar selalu berdzikir, berwirid dan punya waktu khusus bersama Allah untuk berdoa dan berdzikir di tengah keheningan malam. (As-Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki al-Hasani rh)


يبتلي الله العبد بأحب الناس إليه، ليريه أن الناس تتخلى عمن أحبت والله لا يترك من أحب

Allah menguji seorang hamba melalui orang yang paling dia cintai, Allah memperlihatkan hamba tersebut, manusia bisa berpaling dari orang yang paling dicintainya, sedangkan Allah tidak akan pernah meninggalkan hamba yang dicintai-Nya. (Jalaluddin ar-Rumi)


جاء رجل إلى عبدالله بن المبارك يشكو إليه من سوء أخلاق ولده وعقوقه له، فسأله ابن المبارك: هل دعوت عليه؟ قال الرجل: نعم، فقال له: أنت أفسدت ولدك.

Seseorang menemui Abdullah bin Mubarak mengeluhkan akhlak buruk dan kedurhakaan anaknya. Beliau lalu bertanya: "Apakah kamu pernah mendoakan keburukan anakmu?" Orang itu menjawab: "Iya", Abdullah bin Mubarak geram: "Berarti kamu sebetulnya yang merusaknya."

لا تحبس الكلام الطيب في قلبك أبدا.. امدح واشكر وقل خيراً للجميع .. فالكلام الطيب عبادة وهداية.. والكلام الجارح يؤذي القلوب ويكسر النفوس ويرهق العقل "وقولوا للناس حسناً"

Jangan pernah menahan perkataan baik di hatimu selamanya; pujilah, bersyukurlah, dan sampaikan ujaran kebaikan bagi semuanya. Ucapan yang baik adalah ibadah dan hidayah. Ucapan yg buruk menyakiti hati, merusak jiwa dan membebani pikiran. Maka "Ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia" (QS. al-Baqarah: 83)


Terkait :

0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Arsitektur dan Konstruksi

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online


Didukung oleh: Suwur - Tenda SUWUR - OmaSae - Blogger - JayaSteel - Air Minum Isi Ulang - TAS Omasae - Furniture - Rumah Suwur - Bengkel Las -