[iklan]

Bolehkah MAKAN KELAMIN HEWAN YANG HALAL DIMAKAN

 Bismillah...


๐Ÿ–‹BOLEHKAH MEMAKAN KELAMIN HEWAN YANG HALAL DIMAKAN???


Alhamdulillah, segala pujian yang sempurna hanya milik Allah subhanahu wa ta'ala. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan semua orang yang meneladani mereka.


Tidak dipungkiri, bahwa di beberapa daerah di Indonesia memakan alat kelamin hewan yang halal dimakan. Hal ini tentunya menjadi sebuah tanda tanya di benak seorang muslim mengenai hukum memakan alat kelamin hewan, meskipun hewan tersebut halal untuk dimakan. Mengenai ini sudah dibahas oleh para ulama jauh-jauh hari, namun permasalahan seperti ini baru muncul sekarang, tapi permasalahannya sudah dibahas dari dulu.


Lalu apa sih hukum memakan alat kelamin hewan, boleh ataukah dilarang? Ibnu ‘Abidin rohimahullah berkata di dalam kitabnya Roddul Muhtar ‘alad Durril Mukhtar : 


ู…َุง ูŠَุญْุฑُู…ُ ุฃَูƒْู„ُู‡ُ ู…ِู†ْ ุฃَุฌْุฒَุงุกِ ุงู„ْุญَูŠَูˆَุงู†ِ ุงู„ْู…َุฃْูƒُูˆู„ُ ุณَุจْุนَุฉٌ: ุงู„ุฏَّู…ُ ุงู„ْู…َุณْูُูˆุญُ ูˆَุงู„ุฐَّูƒَุฑُ ูˆَุงู„ْุฃُู†ْุซَูŠَุงู†ِ ูˆَุงู„ْู‚ُุจُู„ُ ูˆَุงู„ْุบُุฏَّุฉُ ูˆَุงู„ْู…َุซَุงู†َุฉُ ูˆَุงู„ْู…َุฑَุงุฑَุฉُ 


Sesuatu yang haram dimakan dari bagian anggota tubuh hewan ada tujuh, yaitu : darah yang mengalir, alat kelamin, dua testis, kemaluan kambing betina, kelenjar, kandung kemih (saluran kencing), dan kandung empedu. (Roddul Muhtar ‘alad Durril Mukhtar, jilid 6 halaman 311). 


Ibnu ‘Abidin rohimahullah menuqil sebuah hadist Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam : 


ุนَู†ْ ู…ُุฌَุงู‡ِุฏٍ ู‚َุงู„َ: ูƒَุฑِู‡َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ - ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ - ู…ِู†ْ ุงู„ุดَّุงุฉِ ุงู„ุฐَّูƒَุฑَ ูˆَุงู„ْุฃُู†ْุซَูŠَูŠْู†ِ ูˆَุงู„ْู‚ُุจُู„َ ูˆَุงู„ْุบُุฏَّุฉَ ูˆَุงู„ْู…َุฑَุงุฑَุฉَ ูˆَุงู„ْู…َุซَุงู†َุฉَ ูˆَุงู„ุฏَّู…َ ูَุงู„ْู…ُุฑَุงุฏُ ู…ِู†ْู‡ُ ูƒَุฑَุงู‡َุฉُ ุงู„ุชَّุญْุฑِูŠู…ِ ุจِุฏَู„ِูŠู„ِ ุฃَู†َّู‡ُ ุฌَู…َุนَ ุจَูŠْู†َ ุงู„ุณِّุชَّุฉِ ูˆَุจَูŠْู†َ ุงู„ุฏَّู…ِ ูِูŠ ุงู„ْูƒَุฑَุงู‡َุฉِ ูˆَุงู„ุฏَّู…ُ ุงู„ْู…َุณْูُูˆุญُ ู…ُุญَุฑَّู…ٌ ูˆَุงู„ْู…َุฑْูˆِูŠُّ ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠ ุญَู†ِูŠูَุฉَ ุฃَู†َّู‡ُ ู‚َุงู„َ: ุงู„ุฏَّู…ُ ุญَุฑَุงู…ٌ ูˆَุฃَูƒْุฑَู‡ُ ุงู„ุณِّุชَّุฉَ


Dari Mujahid rodhiyallahu ‘anhu bahwa dia berkata, Rasulullah tidak menyukai (kariha) kelamin kambing, dua testis, kemaluan kambing (betina), kelenjar, kandung empedu, kandung kencing, dan darah. Yang dimaksud tidak menyukai dalam konteks ini adalah makruh tahrim. Kecendrungan untuk memahami makruh di sini sebagai makruh tahrim karena terkumpulnya di antara enam hal dengan darah dalam hadits tersebut, sedangkan darah yang mengalir itu hukumnya adalah haram. Dan diriwayatkan dari Imam Abu Hanifah, bahwa beliau berkata : darah itu haram, sedangkan yang 6 lagi makruh. 


(Roddul Muhtar ‘alad Durril Mukhtar, jilid 6 halaman 749). 


Komentar Imam An-Nawawi rohimahullah mengenai hadist di atas :


Imam An-Nawawi rohimahullah berkata di dalam kitabnya Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzab 


 ุนَู†ْ ู…ُุฌَุงู‡ِุฏٍ ู‚َุงู„َ (ูƒَุงู†َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูŠَูƒْุฑَู‡ُ ู…ِู†ْ ุงู„ุดَّุงุฉِ ุณَุจْุนًุง ุงู„ุฏَّู…َ ูˆَุงู„ْู…ِุฑَุงุฑَ ูˆَุงู„ุฐَّูƒَุฑَ ูˆَุงู„ْุฃُู†ْุซَูŠَูŠْู†ِ ูˆَุงู„ْุญَูŠَุง ูˆَุงู„ْุบُุฏَّุฉَ ูˆَุงู„ْู…َุซَุงู†َุฉَ ูˆَูƒَุงู†َ ุฃَุนْุฌَุจُ ุงู„ุดَّุงุฉِ ุฅู„َูŠْู‡ِ ู…ُู‚َุฏَّู…َู‡َุง) ุฑَูˆَุงู‡ُ ุงู„ْุจَูŠْู‡َู‚ِูŠُّ ู‡َูƒَุฐَุง ู…ُุฑْุณَู„ًุง ูˆَู‡ُูˆَ ุถَุนِูŠูٌ ู‚َุงู„َ ูˆَุฑُูˆِูŠَ ู…َูˆْุตُูˆู„ًุง ุจِุฐِูƒْุฑِ ุงุจْู†ِ ุนَุจَّุงุณٍ ูˆَู‡ُูˆَ ุญَุฏِูŠุซٌ (1) ู‚َุงู„َ ูˆَู„َุง ูŠَุตِุญُّ ูˆَุตْู„ُู‡ُ ู‚َุงู„َ ุงู„ْุฎَุทَّุงุจِูŠُّ ุงู„ุฏَّู…ُ ุญَุฑَุงู…ٌ ุจِุงู„ْุฅِุฌْู…َุงุนِ ูˆَุนَุงู…َّุฉُ ุงู„ْู…َุฐْูƒُูˆุฑَุงุชِ ู…ุนู‡ ู…ูƒุฑูˆู‡ุฉ ุบูŠุฑ ู…ุญุฑู…ุฉ


Diriwayatkan dari Mujahid dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak menyukai tujuh bagian dari kambing yaitu darah, kandung kemih, alat kelamin, dua testis, kemaluan, kelenjar, kandung kemih. Dan bagian kambing yang paling disukai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah hasta dan bahunya. Demikianlah hadist ini diriwayakan Al-Baihaqi secara mursal dan ini termasuk hadits dho’if. Al-Baihaqi berkata, ada juga yang diriwayatkan secara maushul (bersambung sanadnya atau muttashil) dengan menyebutkan Ibnu Abbas rodhiyallahu ‘anhu, yaitu sebuah hadist, namun kebersambungan tersebut tidak bisa diterima. Al-Khatthabi berpendapat bahwa darah itu haram sesuai dengan ijma’ para ulama, sedangkan semua yang disebutkan bersama darah dalam hadist tersebut adalah dimakruhkan bukan diharamkan. 


(Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzab, jilid 9 halaman 70). 


Kesimpulannya : 


1. Ibnu ‘Abidin mengharamkan untuk memakan alat kelamin hewan, sekalipun hewan tersebut halal dimakan. 


2. Imam Abu Hanifah mengatakan bahwa yang haram itu darah hewan yang mengalir, sedangkan 6 anggota tubuh hewan lainnya makruh.


3. Imam An-Nawawi menuqil pendapat Imam Al-Khattabi, bahwa yang diharamkan itu adalah darah, sedangkan 6 anggota tubuh hewan lainnya dimakruhkan, bukan diharamkan. 


Semoga bermanfaat.

Lyn Salina Salina 





Terkait :

0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Arsitektur dan Konstruksi

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online


Didukung oleh: Suwur - Tenda SUWUR - OmaSae - Blogger - JayaSteel - Air Minum Isi Ulang - TAS Omasae - Furniture - Rumah Suwur - Bengkel Las -

- -
- : -
:

-