[iklan]

Ibadah Haji dan Umrah

• haji • umrah • syarat • rukun • sunah • larangan • dam • ikhlas


Sebagai seorang yang paling kaya di desanya, Pak Badu merasa malu belum naik haji. Padahal, Bu Fatimah yang PNS sudah naik haji dua tahun lalu. Oleh karena itulah Pak Badu memutuskan naik haji tahun ini. Segala persiapan dilaksanakan. Seluruh warga diundangnya datang dalam acara pamitan haji. Sikapnya pun berangsur berubah. Meski baru akan berangkat haji, ia tidak mau menoleh jika tidak dipanggil Pak Haji. Anehnya, saat membaca doa talbiyah, ia membaca artinya saja.

Benarkah sikap seperti itu? Bagaimanakah cara melaksanakan manasik haji? Inilah yang akan kita pelajari dalam bab ini.

Jamaah haji sedang menunaikan manasik sai.
Hayya Na'mal
Di Desa Maju Jaya terdapat keluarga Pak Imam yang kaya raya. Setiap tahun Pak Imam beserta keluarga melaksanakan ibadah umrah. Ibadah haji juga telah dilaksanakan tiga kali. Tahun ini mereka akan menunaikan ibadah haji yang keempat kalinya. Sementara itu, di belakang perumahan tempat tinggal Pak Imam terdapat perkampungan miskin.
Jangankan untuk pergi haji, untuk makan sehari-hari saja mereka kesulitan. Mereka sangat membutuhkan uluran tangan orang-orang semisal Pak Imam beserta keluarga. Pak Imam tidak pernah memperhatikan keadaan perkampungan miskin tersebut.
Setujukah kalian dengan niat Pak Imam menunaikan ibadah haji tahun ini? Diskusikan dengan kelompok kalian. Tulislah hasilnya dalam buku tugas kalian masing-masing.
Selanjutnya, bacakan di depan kelas sebelum diserahkan kepada Bapak atau Ibu Guru.


A. Ketentuan Ibadah Haji dan Umrah
1. Pengertian Ibadah Haji dan Umra
2. Syarat Haji dan Umrah
3. Rukun Haji
4. Wajib Haji
5. Sunah Haji
6. Larangan dalam Ibadah Haji dan Umrah
B. Praktik Ibadah Haji dan Umrah
a. Ihram dari Miqat
b. Wukuf
c. Tawaf
e. Sai
f. Tahalul
g. Mabit di Muzdalifah
h. Bermalam di Mina
i. Melempar Jumrah
Macam-Macam Haji


Amali
Ibadah haji adalah ibadah yang memerlukan kemampuan yang besar. Oleh karena itu, kita dituntut untuk memiliki fisik yang prima. Fisik yang prima dan pemahaman yang benar seputar pelaksanaan ibadah haji membuat pelaksanaan ibadah haji akan lebih mudah dan lancar. Untuk itulah, kita perlu membiasakan diri bersiap untuk menyambut saatnya Allah memberikan kesempatan kita berhaji.

Beberapa hal yang perlu kita biasakan dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan ibadah haji dan umrah diantaranya sebagai berikut.
1. Berolah raga setiap hari untuk menjaga stamina tubuh.
2. Mempelajari ketentuan ibadah haji dan umrah dengan memperbanyak membaca referensi pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
3. Melatih keikhlasan agar kita dapat melaksanakan ibadah haji dan umrah sematamata untuk Allah.

Ketiga hal tersebut harus kita latih sedari sekarang. Dengan demikian, ketika tiba saatnya kita berangkat haji atau umrah kelak, kita telah memahami tata caranya dan siap melaksanakannya.


Hayya Na'mal
Praktikkan ibadah haji dan umrah bersama dengan teman sekelas kalian. Lakukan praktik di lapangan sekolah atau tempat lain yang memungkinkan. Ubahlah tempat praktik sebagaimana lokasi ibadah haji yang sesungguhnya. Untuk menggambarkan Kakbah kalian dapat membuatnya dari kardus. Tiga tonggak batu untuk melempar jumrah juga dapat dibuat dari kardus. Sebelum melakukan praktik bagilah kelas kalian menjadi empat kelompok terlebih dahulu. Kelompok pertama mempraktikkan haji dengan cara ifrad. Kelompok kedua mempraktikkan haji qiran. Kelompok ketiga mempraktikkan haji tamattu. Kelompok terakhir mempraktikkan ibadah umrah. Persiapkan kertas atau buku untuk mencatat praktik yang kalian lakukan. Jadikan catatan praktik kalian sebagai bahan evaluasi.
Selengkapnya : Ibadah Haji dan Umrah

Jawablah dengan tepat!
1. Jelaskan pengertian haji umrah secara bahasa dan istilah!
2. Jelaskan pengertian rukun haji!
3. Sebutkan hal-hal yang termasuk wajib haji!
4. Pak Amir sedang melaksanakan ibadah haji. Pak Amir dengan sengaja tidak melaksanakan manasik wukuf di padang Arafah. Alasan yang ia kemukakan karena tidak kuat dengan panas matahari yang menyengat. Bagaimana haji Pak Amir? Jelaskan!
5. Jelaskan bentuk pakaian ihram bagi kaum laki-laki!
6. Kapan dam harus dibayar? Jelaskan!
7. Sebutkan larangan ihram khusus bagi pria!.
8. Sebutkan larangan ihram khusus bagi wanita!
9. Jelaskan kandungan Surah al-Baqarah [2] ayat 197! 10. Apa yang dilakukan jamaah haji ketika mabit di Muzdalifah? Jelaskan!

Terkait :

0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Arsitektur dan Konstruksi

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online


Didukung oleh: Suwur - Tenda SUWUR - OmaSae - Blogger - JayaSteel - Air Minum Isi Ulang - TAS Omasae - Furniture - Rumah Suwur - Bengkel Las -

- -
- : -
:

-