[iklan]

Pengantar Metode Ihdina. Membaca & Menerjemah Kitab Gundul

 Pengantar
Istiqomah sampai diberikan kemudahan memahaminya


Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT., yang telah memberikan nikmat Iman, Islam dan kesempatan menyusun ringkasan materi “Mudahnya Membaca & Menerjemah Kitab Gundul Metode Ihdina ” dan +1 menunjukkan ada beberapa tambahan materi.


Semoga shalawat serta salam tetap tercurah kepada Nabi Muhammad Saw., yang mengemban risalah Islam secara sempurna hingga kepada kita semua.
 

Ringkasan materi ini awalnya untuk pribadi, agar mengetahui sejauh mana materi bahasa arab yan telah dipelajari dari beberapa Ustadz dan para Kyai?. Namun, saat belajar bahasa arab dan tafsir ke KH. DR. Wahib Wahab di Kota Mojokerto, beliau menyarankan agar menulis apasaja dan menyampaikannya kepada siapa saja. Oleh karena itu, ringkasan ini kami sampaikan untuk umum.


Walau belajar kepada beliau tidak lama, namun memberikan semangat agar terus ngaji dan belajar bahasa arab. Beliau sering menyampaikan motivasi ;
“Bahasa arab itu mudah, ...bahasa arab itu menarik, ... bahasa arab itu mengasikkan”.
“Ngaji itu yang penting istiqomah, tidak perlu berpikir macam-macam. Bila Allah Swt.,
berkenan memberi Ilmu, akan diberikan kemudahan memahaminya...”
Bahkan saat belajar bahasa arab, ada sebagian kesulitan dan ingin mundur karena merasa bodoh. Beliau pun menjawab sekaligus memberikan semangat ;
“Tidak ada murid yang bodoh, yang bodoh gurunya, karena belum menemukan
metode yang tepat untuk setiap muridnya”
Ketertarikan terhadap kitab arab, timbul sejak diminta KH. Drs. Qowaid untuk mendata kitab-kitab arab beliau yang cukup banyak dan tersimpan dalam beberapa almari. Beliau pernah berpesan agar selain belajar Islam kontemporer, juga belajar bahasa arab dan kitab-kitab dasar, agar bisa mengolah pemikiran sendiri.


Berdasarkan pengalaman belajar bahasa arab selama ini, terasa sulit dan tidak kunjung selesai, ditambah lagi sering lupa materi-materi sebelumnya. Untuk itu, perlu diberikan solusi; pertama, memompa motivasi bahasa arab itu sangat penting dan mudah. Kedua, memberikan gambaran tahapan belajar bahasa arab dari awal sampai akhir terlebih dahulu. Agar tahu bagaimana perjalanan belajarnya?. Ketiga, memberikan penjelasan ringkas dan mudah, agar tidak merasa terlalu lama, sulit dan jenuh. Keempat, memberikan contoh dan kesempatan ruang diskusi yang luas. Berdasar hal tersebut, kami coba meringkas materi bahasa arab yang mudah agar bisa menjadi solusi masalah tersebut dan kami beri judul “Metode Ihdina” yang berarti juga minta petunjuk-Nya, agar diberikan kemudahan.


Metode Ihdina ini disusun berdasarkan tahapan memberi harakat dan menerjemah kitab arab gundul yang ringkas. Meliputi ilmu shorof dan nahwu ringkas yang sistematis serta disesuaikan dengan bahasa Indonesia, agar mudah dipahami.
Namun, kami juga mengharapkan pembaca semua, bila menemukan kesalahan, bisa menyampaikan kepada kami, agar bisa kami revisinya.


Terakhir, kami memohon hanya kepada Allah SWT., agar ringkasan ini memberi manfaat bagi umat Islam dan jadi amal shaleh bagi kami, juga kepada siapa saja yang terlibat dalam penyusunan ringkasan ini. Aamiin.


Mojokerto, 27 Rajab 1442 H
Rokhmad Sigit W.



๔€๔€€ณ๔€Ž๔€€Ÿ ๔€€•๔€€… ๔€€‘๔€€ช ๔€€ ๔€๔€Œ๔€€‚ ๔€€„ ๔€€•๔€€… ๔€€‘๔€€ช ๔€๔€€Ÿ ๔€€… ๔€€ช ๔€‘๔€€Ÿ ๔€€„ ๔€’๔€€Ÿ ๔€€Ÿ ๔€€Ÿ
Istiqomah sampai diberikan kemudahan memahaminya

Terkait :

0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Arsitektur dan Konstruksi

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online


Didukung oleh: Suwur - Tenda SUWUR - OmaSae - Blogger - JayaSteel - Air Minum Isi Ulang - TAS Omasae - Furniture - Rumah Suwur - Bengkel Las -