[iklan]
daftar-harga-wiremesh-agustus-2019

terus belajar sampai bisa membaca Al Qur'an

*Tips Belajar Membaca Al Qur'an Mudah, Cepat  dan Menyenangkan*

(Tulisan Ke-Satu, dari Buku Metode Al Furqony, Membaca Al Qur'an Mudah Cepat dan Menyenangkan, Untuk Pemula)

Bisa membaca Al Qur'an bukan diperoleh dengan turun temurun. Putranya kyai, ustad, guru ngaji tidak serta merta langsung bisa membaca Al Qur'an. Demikian juga putranya selain kyai, ustad, guru ngaji tidak serta merta kesulitan dalam membaca Al Qur'an.

Berikut ini beberapa tips bagi anda yang sudah usia dewasa namun tidak bisa membaca Al Qur'an dan berkeinginan kuat untuk cepat bisa membaca Al Qur'an.

*Niat yang kuat dan Komitmen Belajar*

Bisa membaca Al Qur'an didapatkan dengan cara belajar membaca Al Qur'an. Sama seperti halnya menulis, agar bisa menulis maka harus belajar menulis. Jadi bisa membaca Al Qur'an bukanlah turunan atau bakat yang menurun dari orang tuanya.

Bisa membaca Al Qur'an adalah adanya niat yang kuat dan komitmen untuk menyiapkan waktu belajar membaca Al Qur'an. Sebagaimana menulis bukanlah bakat, tetapi adanya niat yang kuat dan komitmen untuk membuat tulisan.

*Kehadiran Guru*

Belajar membaca Al Qur'an harus ada gurunya, sebagai pendamping belajar kita. Kemajuan teknologi seperti sekarang ini, tidak akan bisa menghapus kehadiran guru.

Guru akan tetap ada selamanya, karena guru tidak hanya membantu dan mendampingi dalam proses belajar mendapatkan ilmu tetapi sekaligus memberi contoh, teladan dalam adab, Budi pekerti dan berakhlak mulia.

Terlebih dalam belajar membaca Al Qur'an, kehadiran guru mutlak adanya. Mengingat di dalam belajar membaca Al Qur'an akan dipelajari tentang mengenal huruf Hijaiyah (ta'rif Al harfu Al Hijaiyah), menulis huruf Hijaiyah, makhorijul huruf, tajwid, mad, ghorib dan yang lainnya.

Semua pelajaran ini membutuhkan contoh dari seorang guru. Jadi keberadaan guru wajib adanya, dalam mendampingi belajar membaca Al Qur'an agar bacaan kita menjadi benar sekaligus tartiilan.

*Buku Panduan*

Selain hadirnya guru agar proses belajar membaca Al Qur'an bisa berjalan diperlukan buku panduan untuk media belajar. Bagi usia dewasa yang belum bisa membaca Al Qur'an , yang waktunya sudah padat untuk kesibukan yang lain hadirnya buku panduan yang praktis, mudah cepat dan menyenangkan tentu menjadi pilihan.

Karena waktu belajar bisa dipercepat, dengan catatan tidak mengurangi hasil belajarnya dalam  membaca Al Qur'an bagi pemula.

*Metode Pengajaran dan Kesabaran*

Yang tidak kalah penting untuk membantu mendampingi orang yang belajar membaca Al Qur'an dengan cepat mudah dan menyenangkan adalah metode pengajaran guru dan kesabarannya.

Metode pengajaran dan kesabaran guru ini penting, mengingat orang yang belajar membaca Al Qur'an ini bukan anak anak, tetapi orang dewasa. Yang lisannya sudah "kaku" untuk melafalkan huruf huruf Hijaiyah sesuai dengan tempat keluarnya huruf (makhrojnya).

Bagi seorang guru, maka hadirkanlah metode pengajaran yang mudah cepat dan menyenangkan serta penuh dengan kesabaran dalam membimbing belajar.

Bagi anda yang belajar, kuatkan niat anda serta berkomitmenlah untuk terus belajar sampai bisa membaca Al Qur'an. Setelah bisa maka teruslah membaca rutin dan berulang ulang, sampai anda merasakan ada yang kurang jika tidak membaca Al Qur'an. insya Allah, Allah akan memberikan kemudahan. Amiin

Cak Mpur, Tulisan Lepas -4
27 Februari 2019
Sidoarjo

0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online