[iklan]
belum ada iklan

PENTINGNYA MENUNTUT ILMU

TIGA ORANG YANG PALING BERBAHAYA DALAM AGAMA. (IHYA 'ULUMUDDIN)

1.Orang ahli ilmu agama yang mencintai kemegahan sangatlah berbahaya bagi agama, karena dia akan membenarkan kepentingan nafsunya dengan mempermainkan dalil-dalil agama....

Bersabda Rasulullah Saw....

ﻭَﻳْﻞٌ ِﻷُﻣَّﺘِﻲْ ﻣِﻦْ ﻋُﻠَﻤَﺎﺀِ ﺍﻟﺴُّﻮْﺀِ ﻳَِﺘَّﺨِﺬُﻭْﻥَ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢَ ﺗِﺠَﺎﺭَﺓً ﻳَﺒِﻴْﻌُﻮْﻧَﻬَﺎ ﻣِﻦْ ﺃُﻣَﺮَﺍﺀِ ﺯَﻣَﺎﻧِﻬِﻢْ ﺭِﺑْﺤﺎً ِﻟﻸَﻧْﻔُﺴِﻬِﻢْ ﻻَ ﺃَﺭْﺑَﺢَ ﺍﻟﻠﻪُ ﺗِﺠَﺎﺭَﺗَﻬُﻢْ

Kebinasaan bagi umatku (datang) dari ulama su’ mereka menjadikan ilmu sebagai barang dagangan yang mereka jual kepada para penguasa masa mereka untuk mendapatkan keuntungan bagi diri mereka sendiri.Allah tidak akan memberikan keuntungan dalam perniagaan mereka itu. (HR al-Hakim).

Dan lagi Sabda Nabi Saw....

ﺍﻟْﻌُﻠَﻤَﺎﺀُ ﺃَﻣَﻨَﺎﺀُ ﺍﻟﺮُّﺳُﻞِ ﻣَﺎ ﻟَﻢْ ﻳُﺨَﺎﻟِﻄُﻮْﺍ ﺍﻟﺴُّﻠْﻄَﺎﻥَ ﻭَ ﻳُﺪَﺍﺧِﻠُﻮْﺍ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻓَﺎِﺫَﺍ ﺧَﺎﻟَﻄُﻮْﺍ ﺍﻟﺴُّﻠْﻄَﺎﻥَ ﻭَ ﺩَﺍﺧَﻠُﻮْﺍ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻓَﻘَﺪْ ﺧَﺎﻧُﻮْﺍ ﺍﻟﺮُّﺳُﻞَ ﻓَﺎﺣْﺬَﺭُﻭْﻫُﻢْ ﻭَﻓِﻲْ ﺭِﻭَﺍﻳَﺔٍ ﻟِﻠْﺤَﺎﻛِﻢِ ﻓَﺎﻋْﺘَﺰِﻟُﻮْﻫُﻢْ

Ulama adalah kepercayaan Para rasul selama mereka tidak bergaul dengan penguasa dan tidak asyik dengan dunia.Jika mereka bergaul dengan penguasa dan asyik dengan dunia maka mereka telah mengkhianati para rasul.Karena itu, jauhilah mereka. (HR al-Hakim).

2.Raja atau pemimpin yang jahat berbahaya bagi agama karena merekalah yang memiliki kekuatan untuk mengatur hajat hidup masyarakat.
Jika mereka tidak saleh,maka betapa banyak ajaran agama yang dilanggar atau tidak bisa dilaksanakan gara-gara terhalang oleh 'keinginan' para pemegang kekuasaan...

Firman Allah ..

وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ

“Barang siapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang zalim.” (QS. Al-Maidah:45).

Dalam hadits ditegaskan bahwa para Pemimpin zalim yang menipu rakyat dengan janji-janji palsunya,Diharamkan baginya surga.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنِ اسْتَرْعَاهُ اللهُ رَعِيَّةً ثُمَّ لَمْ يُحِطْهَا بِنُصْحٍ إِلَّا حَرَّمَ اللهُ عَلَيْهِ الجَنَّةَ. متفق عليه. وفي لفظ : يَمُوتُ حِينَ يَمُوتُ وَهُوَ غَاسِ لِرَعِيَّتِهِ إِلَّا حَرَّمَ اللهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ.

“Barangsiapa yang diangkat oleh Allah untuk memimpin rakyatnya,Kemudian ia tidak mencurahkan kesetiaannya,maka Allah haramkan baginya surga”.(HR.Bukhari dan Muslim).
Dalam lafadh yang lain disebutkan : ”Ia mati dimana ketika matinya itu ia dalam keadaan menipu rakyatnya, maka Allah haramkan baginya surga”.

3.Orang ahli ibadah yang bodoh sangat berbahaya bagi agama,Karena dia seringkali menganggap apa yang dilakukannya sebagai kebenaran mutlak, Padahal kenyataannya adalah kesesatan mutlak.

Sabda Rasulullah Saw "

مَنْ أَرَا دَالدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِا لْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَالْاآخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ
Artinya : ”Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu,dan barang siapa yang menghendaki kehidupan Akherat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu”. (HR. Turmudzi).

مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِيْلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ
Artinya : ”Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang”. (HR. Turmudzi)

Dan lagi....

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى
الْجَنَّةِ
Artinya : ”Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari suatu ilmu. Niscaya Allah memudahkannya ke jalan menuju surga”. (HR. Turmudzi).

Dan Masih Banyak Hadist Hadist Lain Tentang PENTINGNYA MENUNTUT ILMU.

Dalam sebuah hadist dikisahkan bahwa suatu hari Rasulullah Saw mendatangi pintu masjid,di situ beliau melihat setan berada di sisi pintu masjid.Kemudian Nabi SAW bertanya, "Wahai Iblis apa yang sedang kamu lakukan di sini?" Maka setan itu menjawab,"Saya hendak masuk masjid dan akan merusak shalat orang yang sedang shalat ini,tetapi saya takut pada seorang lelaki yang tengah tidur ini."

Lalu Nabi SAW berkata, "Wahai Iblis, kenapa kamu bukannya takut pada orang yang sedang shalat, padahal dia dalam keadaan ibadah dan bermunajat pada Tuhannya,dan justru takut pada orang yang sedang tidur,padahal ia dalam posisi tidak sadar?" Iblis pun menjawab,"Orang yang sedang shalat ini bodoh. Mengganggu shalatnya begitu mudah.Akan tetapi orang yang sedang tidur ini orang alim (pandai)."
Begitu pentingnya menuntut ilmu.....!

Tiga 'jenis manusia' yang tersebut diatas sangatlah berbahaya karena biasanya mereka memiliki banyak pengikut setia...

BERHATI-HATI LAH.......!
0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online