[iklan]

TANDA AMAL IBADAH SESEORANG DITERIMA ALLAH

*3 TANDA AMAL IBADAH SESEORANG DITERIMA ALLAH*
(ALHAFIZ. K)

Penerimaan atau penolakan sebuah amal-ibadah memang sulit diukur. Manusia–siapapun dia–tidak boleh menjatuhkan putusan atas penerimaan atau penolakan amal seseorang atau dirinya sendiri. *Tetapi kita hanya dapat melihat tanda-tanda penerimaan Allah atas amal kita.*

Syekh Ibnu Athaillah RA menyebut tanda-tanda penerimaan Allah SWT dalam hikmah berikut ini.

ู…ู† ูˆุฌุฏ ุซู…ุฑุฉ ุนู…ู„ู‡ ุนุงุฌู„ุงً ูู‡ูˆ ุฏู„ูŠู„ ุนู„ู‰ ูˆุฌูˆุฏ ุงู„ู‚ุจูˆู„

Artinya, “Siapa yang memetik buah dari amalnya seketika di dunia, maka itu menunjukkan Allah menerima amalnya.”

Syekh Ahmad Zarruq menjelaskan bahwa buah dari amal itu berbentuk kemaslahatan keagamaan dan kemaslahatan duniawi. Ia menyebut secara konkret bahwa buah dari amal itu adalah pertama, kebahagiaan hidup yang diukur dengan perasaan bebas dari kekhawatiran dan kesedihan.

ู‚ู„ุช ุซู…ุฑุฉ ุงู„ุนู…ู„ ู…ุง ูŠู†ุดุฃ ุนู†ู‡ ู…ู† ุงู„ููˆุงุฆุฏ ุงู„ุฏูŠู†ูŠุฉ ูˆุงู„ุฏู†ูŠุงูˆูŠุฉ. ูˆุฐู„ูƒ ูŠุฏูˆุฑ ุนู„ู‰ ุซู„ุงุซุฉ: ุญุตูˆู„ ุงู„ุจุดุงุฑุฉ ุจุฒูˆุงู„ ุงู„ุฎูˆู ูˆุงู„ุญุฒู† 

Artinya, “Menurut saya, buah amal itu adalah faidah keagamaan dan keduniaan apapun yang muncul dari amal tersebut. Buah dari amal itu hanya terdiri atas tiga bentuk: 
*pertama, munculnya kebahagiaan karena sirnanya kekhawatiran dan kesedihan,*” (Lihat Syekh Ahmad Zarruq,Syarhul Hikam, As-Syirkatul Qaumiyyah, 2010 M/1431 H, halaman 80).

Syekh Zarruq mengutip Surat Yunus ayat 62-64.

ุฃَู„َุง ุฅِู†َّ ุฃَูˆْู„ِูŠَุงุกَ ุงู„ู„َّู‡ِ ู„َุง ุฎَูˆْูٌ ุนَู„َูŠْู‡ِู…ْ ูˆَู„َุง ู‡ُู…ْ ูŠَุญْุฒَู†ُูˆู†َ (62) ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ูˆَูƒَุงู†ُูˆุง ูŠَุชَّู‚ُูˆู†َ (63) ู„َู‡ُู…ُ ุงู„ْุจُุดْุฑَู‰ ูِูŠ ุงู„ْุญَูŠَุงุฉِ ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ูˆَูِูŠ ุงู„ْุขุฎِุฑَุฉِ 

Artinya, “Ketahuilah, para wali Allah tidak dihinggapi kekhawatiran dan kesedihan. Mereka yang beriman dan mereka itu bertakwa akan menerima kebahagiaan dalam kehidupan dunia dan akhirat...” (Surat Yunus ayat 62-64).

*Kedua, ketenangan hidup yang ditandai dengan keridhaan batin dan sifat qana‘ah atas segala pemberian Allah.*

ูˆุงู„ุญูŠุงุฉ ุงู„ุทูŠุจุฉ ุจุงู„ุฑุถุง ูˆุงู„ู‚ู†ุงุนุฉ

Artinya, “kehidupan yang baik karena hati penuh ridha dan qana‘ah.”

Syekh Zarruq mengutip Surat An-Nahl ayat 97.

ู…َู†ْ ุนَู…ِู„َ ุตَุงู„ِุญًุง ู…ِู†ْ ุฐَูƒَุฑٍ ุฃَูˆْ ุฃُู†ْุซَู‰ ูˆَู‡ُูˆَ ู…ُุคْู…ِู†ٌ ูَู„َู†ُุญْูŠِูŠَู†َّู‡ُ ุญَูŠَุงุฉً ุทَูŠِّุจَุฉً

Artinya, “Siapa saja beramal saleh laki-laki maupun perempuan sedangkan mereka itu orang beriman, maka kami hidupkan dia dengan kehidupan yang baik,” (Surat An-Nahl ayat 97).

*Ketiga, keterbukaan rahasia atas penguasaan  secara mutlak terhadap alam semesta.*

ูˆุธู‡ูˆุฑ ุณุฑ ุงู„ุฎู„ุงูุฉ ุจุชุณุฎูŠุฑ ุงู„ูƒุงุฆู†ุงุช ูˆุงู†ูุนุงู„ู‡ุง ุธุงู‡ุฑุง ูˆุจุงุทู†ุง

Artinya, *“Penampakan rahasia kuasa Allah dengan penundukan dan pengaruhnya terhadap alam semesta lahir dan batin.”*

Syekh Zarruq mengutip Surat An-Nur ayat 55.

ูˆَุนَุฏَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ู…ِู†ْูƒُู…ْ ูˆَุนَู…ِู„ُูˆุง ุงู„ุตَّุงู„ِุญَุงุชِ ู„َูŠَุณْุชَุฎْู„ِูَู†َّู‡ُู…ْ ูِูŠ ุงู„ْุฃَุฑْุถِ ูƒَู…َุง ุงุณْุชَุฎْู„َูَ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ู…ِู†ْ ู‚َุจْู„ِู‡ِู…ْ ูˆَู„َูŠُู…َูƒِّู†َู†َّ ู„َู‡ُู…ْ ุฏِูŠู†َู‡ُู…ُ ุงู„َّุฐِูŠ ุงุฑْุชَุถَู‰ ู„َู‡ُู…ْ ูˆَู„َูŠُุจَุฏِّู„َู†َّู‡ُู…ْ ู…ِู†ْ ุจَุนْุฏِ ุฎَูˆْูِู‡ِู…ْ ุฃَู…ْู†ًุง

Artinya, “Allah menjanjikan orang-orang beriman di antara kalian dan mereka yang beramal saleh sebuah kekuasaan di bumi sebagaimana Ia menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan Ia teguhkan agama mereka yang Ia ridhai’, serta Ia mengganti ketakutan mereka dengan rasa aman...,” (Surat An-Nur ayat 55).

Dengan kata lain, seseorang memegang kunci untuk mendapat sesuatu yang diinginkannya di dunia.
(Catatan saya: *mereka mendapatkan ketinggiian level dunia(kekuasaaan, harta, penghormatan banyak makhluk) sebagai bagian kecil kegembiraan didunia sebagai hadiah pembukaan sebelum hadiah terbesar di akherat atas keteguhan iman mereka dan keistiqomahan amal shaleh mereka*(hisyam))

Tetapi selain dari itu semua, kenikmatan dalam menjalankan ibadah itu sendiri sudah merupakan buah dari amal.

ูˆูู‰ ุงู„ุญุฏูŠุซ ุงู„ุตุญูŠุญ ู‚ูˆู„ ุฐู„ูƒ ุงู„ุตุญุงุจูŠ: ูู…ู†ุง ู…ู† ุฃูŠู†ุนุช ู„ู‡ ุซู…ุฑุชู‡ ูู‡ูˆ ูŠู‡ุฏูŠู‡ุง، ูˆู…ู†ุง ู…ู† ู…ุงุช ู„ู… ูŠุณุชูˆู ู…ู† ุฃุฌุฑู‡ ุดูŠุฆุง ู…ู†ู‡ู… ู…ุตุนุจ ุจู† ุนู…ูŠุฑ ุฑุถู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู… ุฃุฌู…ุนูŠู†. ูˆู…ู† ุทูŠุจ ุงู„ุญูŠุงุฉ ุญู„ุงูˆุฉ ุงู„ุทุงุนุฉ، ูู…ู† ุซู… ูŠุตุญ ูƒูˆู†ู‡ุง ุซู…ุฑุฉ ู„ุง ู…ู† ุญูŠุซ ุฐุงุชู‡ุง ูุชุฏุจุฑ ุฐู„ูƒ، ูˆุจุงู„ู„ู‡ ุงู„ุชูˆููŠู‚.

Artinya, “Dalam hadits shahih seorang sahabat Rasul berkata, ‘Sebagian kami ada yang memiliki ‘buah’ matang, lalu Allah menghadiahkan untuknya. Tetapi sebagian kami ada yang wafat dan belum sempat mencicipi buah dari amalnya, salah satu dari mereka adalah Mush‘ab bin Umair RA.’ Salah satu bentuk ketenangan hidup adalah merasakan kelezatan aktivitas ibadah. Dari sini kemudian dapat dipahami bahwa *kelezatan aktivitas ibadah itu sendiri bisa disebut sebagai bentuk dari buah amal, bukan sekadar aktivitasnya itu sendiri*,” (Lihat Syekh Ahmad Zarruq, Syarhul Hikam, As-Syirkatul Qaumiyyah, 2010 M/1431 H, halaman 80-81). Wallahu a’lam.

Terkait :

0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Arsitektur dan Konstruksi

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online


Didukung oleh: Suwur - Tenda SUWUR - OmaSae - Blogger - JayaSteel - Air Minum Isi Ulang - TAS Omasae - Furniture - Rumah Suwur - Bengkel Las -