menunaikan sunnah, melakukan muhasabah terhadap penguasa

Orang yang memahami ilmu balaghah, memahami benar pentingnya mengoreksi penguasa, menasihati mereka, menurut lisan yang mulia Rasulullah -shallallahu 'alayhi wa sallam-, salah satunya menurut hadits «الدِّينُ النَّصِيحَةُ».

Hadits dari Tamim al-Dari r.a., bahwa Nabi Muhammad -shallallahu 'alayhi wa sallam- bersabda:
«الدِّينُ النَّصِيحَةُ»
“Agama itu adalah nasihat”

Para sahabat bertanya: “Untuk siapa?” Nabi -shallallahu 'alayhi wa sallam- bersabda:
«لِلّهِ، وَلِكِتَابِهِ، وَلِرَسُوْلِهِ، وَلِأَئِمَّةِ المُسْلِمِيْنَ، وَعَامَتِهِمْ»
“Untuk Allah, kitab suci-Nya, Rasul-Nya, pemimpin kaum muslimin dan kaum muslimin pada umumnya.” (HR. Muslim, Abu Dawud, Ahmad. Lafal Muslim)

Dalam tinjauan ilmu balaghah, hadits ini mengandung bentuk penambahan lafal yang memiliki faidah tertentu, dinamakan al-ithnâb. Yakni dengan adanya penyebutan kata “لِأَئِمَّةِ المُسْلِمِيْنَ” (untuk pemimpin-pemimpin kaum Muslim) di depan kata “وَعَامَتِهِمْ” (kaum Muslim pada umumnya). Pemimpin kaum Muslim adalah kata khusus, bagian dari kaum Muslim pada umumnya, ini yang dinamakan dzikr al-'am ba'da al-khash (penyebutan kata yang umum setelah kata yang khusus).



Faidah dari pola ini adalah untuk mencakup keumuman kata dan memberikan perhatian kepada kata yang khusus (لإفادة العموم والشمول والعناية بالخاص) atau berfaidah melengkapi makna yang dimaksud setelah menyebutkan sesuatu yang harus disebutkan secara khusus (ليفيد تتميم المعنى بعد تخصيص من يجب تخصيصه بالذكر) .

Artinya hadits ini pun mengandung penekanan: pentingnya menasihati penguasa atau pemimpin kaum Muslim, namun bukan sembarang nasihat, melainkan nasihat dengan landasan Din ini, sebagaimana permulaan kalimat hadits ini, al-dîn al-nashîhah.

Maka jangan marah kepada kaum Muslim yang menunaikan sunnah, melakukan muhasabah terhadap penguasa, namun gusar lah kepada mereka yang di belakangnya berdiri para pasukan, di gudangnya penuh persenjataan, namun seakan diam menyaksikan saudara-saudara seakidahnya dibantai oleh kaum Kafir Harbi Fi'lan, Allah al-Musta'an.

#SaveAleppo #SaveRohingya #SavePalestina
#TegakkanKhilafah


@Irfan Ramadhan
0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online