Tela'ah hijab "Masyarakat islam kontemporer"

Tela'ah hijab "Masyarakat islam kontemporer"

“Wahai istri-istri Nabi! Kamu tidak seperti perempuan-perempuan yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk (melemah lembutkan suara) dalam berbicara sehingga bangkit nafsu orang yang ada penyakit dalam hatinya, dan ucapkanlah perkataan yang baik.” (QS.Al-Ahzab : 32)
Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (istri-istri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. (Cara) yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka. (QS. Al-Ahzab : 53)

Ayat diatas diturunkan Allah krna atas dasar prtanyaan sahabat Umar bin khatab,suatu hri beliau brtanya knp Para ummul mukminin tdk memakai hijab sja krn yg dtag k rumah nabi tdk semuanya orag beriman dan bnyk org munafik.takutnya bnyk orag yg akn mempermasalahkan dan memanfaatkn keadaan itu.
Oleh sebab itu Allah menurunkan 2 ayat diatas...
Melihat teks konteks nya,ayat trsebut merupkan sebuah jwaban Allah agr istri2 nabi lbih hati2,lbih mnjga hijab,lbih mjga privasinya,lbih brhati2 mnjga kesuciannya dsb.

cba qt masukkan kondisi itu dlam konteks masyrakat skrag.
1.golongan org2 pinggiran ; kondisi ini dijadikn sebuah hijab "dinding" di masjid2,jd ktika mereka shalat akan ada hijab/tabir yg membatasi ikhwan akhwat.
2.golongan org2 shalaf ; kondisi ini di asumsi kan sbgai sebuah perintah bhwa ikhwan dan akhwat tdk boleh salih bertatap,salig melihat dsb.krna itu di anggap sesuatu yg mendekati zina.
3.golongan orag2 awam ; kondisi ini tdak di pedulikan,yg penting mereka msih shalat,zakat,amal,haji dkk mereka sudah puas dan sudah yakin bisa masuk surga.dan mereka tdk prnah mw tw kondisi hijab,pdhal itu jg perintah Allah SWT.

Sya memahami,adanya sebuah pendalaman konsep yg salah disni.jika pemahaman konsep sudah salah,mka proses penerapan di lapangan pasti salah.

utk konsep prtama ; konsep ini trlihat tolol,mugkin kah Allah menurunkan sebuah ayat yg bner2 substansi bg kesejahteraan wanita,tp hny ditafsirkan sebatas utk tabir shalat.
utk konsep kedua ; qt ini hdup d jaman kontemporer,islam bgitu ditindas oleh adidaya america dan soviet.dngan kondisi itu mka islam btuh mengumpulkan lgi konsep2 nya,prlu membangun lgi puing2 yg prnah dibangun oleh Muhammad,semua umat islam puny tanggung jwab utk itu.siapa lgi yg akan memperjuangkan agama Allah selain umat Muhammad itu sendiri.logika akal sehat sja ;mugkinkah prjuangan bsa trwujud jk sistem komunikasi antara ikhwan dan akhwat seolah2 dihambat gra2 penafsiran mereka yg konyol.bkankah itu mhambat pkembangan islam.Ikhwan akhwat tdk boleh komunikasi dsb,drimana akn trlahir strategi mhancurkan musuh jk komunikasi tdk ada,bgmn akn trlahir konsep2 pkembangan islam jk komunikasi sudah diputus.
utk konsep yg ketiga ; justru org2 egois sperti inilah yg sngat2 mhancurkan islam,Rasul itu membangun msyrakat sosial.bkan membangun msyrakat individu.jka qt udah sngat individu dan egois.bgmn mugkin msyrakat sosial atas dasar nash2 Allah bsa ditegakkan.

Konsep sya tentang hijab ;
1.Ikhwan wajib menjaga aurat
2.Akhwat wajib menjulurkn jilbab dri rambut sampai kaki
3.Ikhwan akhwat wjib mnjaga hijab "dinding" antar kedua nya krna qt dilarang mendekati zina.
4.Tpi tdk sma dengan memotong pola komunikasi qt,krn dizaman yg serba teknologi ini komunikasi adlah syrat utama utk melakukan sbuah perjuangan.

Mohon comentar nya :),,,
sy tkut salah,mengingat akal qt relatif.Hny Allah lah yg mutlak benar.

dari: Dani Camers
0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online