Prospek pengetahuan bagi Islam = Ilmu - Iman - Amal

Prospek pengetahuan bagi Islam...

Semenjak kecil saya terbiasa diajak kakek saya untuk shalat ke mesjid,dimulai dari hanya melihat dia dengan gerakan tangan,kaki,sujud,rukuk dkk. Dan saya pun mulai meniru nya shalat.
semenjak kecil saya juga sering disuruh nenek untuk kasih uang pada pengemis yang datang
(Dan saya yakin sebagian besar pembaca juga mengalami hal yang sama)

Sampai detik ini saya tidak paham,,,...
Kenapa mereka tidak mendidik saya apa itu shalat,mengapa kita harus shalat,Bagaimana fungsi dan kedudukan shalat dalam bangunan islam secara utuh,apa hukumnya jika tidak shalat,seberapa fungisonal shalat dalam perjuangan Rasul,dimanakah letak shalat dalam pribadi kita sebagai hamba Allah dan sebagainya.
Saya sangat kawatir,saya hanyalah keledai yang membawa kitab.saya tahu apa yang saya bawa tapi saya tidak tahu apa isi yang saya bawa.

Itu tidak ada bedanya dengan orang shalat tapi tidak tahu apa itu shalat,mengapa kita harus shalat,bagaimana itu shalat,apa fungsi dan kedudukan shalat dalam bangunan islam secara makroo.Bagaimana terapannya dalam perjuangan Islam dst.Karna Islam seperti bangunan Rumah,antar perintah perintah yang diturunkan Allah SWT pada Nabiullah Muhammad SAW pasti saling berhubungan dan berkaitan.Dan pasti punya fungsi dan kedudukn sendiri.
Dan lebih parahnya lagi banyaknya fenomena berpikir masyrakat yang anti dengan pengetahuan,mereka cenderung berpikir yang penting saya shalat.Semuanya terserah Allah,bahkan Ekstremnya ada yang bilang bahwa Shalat adalah tiang agama,jika shalatnya bagus maka amalannya akan bagus.di alam mashyar pun timbangan pahala nya = besar.sungguh sebuah kesimpulan yang amat bodoh dan jijik.

Dari sini saya mersa ada yang salah dalam sistem pendidikan agama yang sudah menjalar di masyarakat islam kita.
Mereka hanya menanamkan ke anaknya agar Beriman trus kemudian mengamalkan.
Iman - Amal

Padahal saya pikir sesuatu yang benar adalah kita harus tahu/mengerti/mengetahui,,,kemudian kita mengimani pengetahuan itu dan kemudian kita mengamalkan pengetahuan itu.
Iman - amal tanpa ilmu = beresiko salah krna tanpa basic yang kuat.
Iman - amal tanpa ilmu = kita hanya bisa meyakini dan melakukan,tapi kita tidak tahu apa yang kita lakukan benar atau tidak.

Jadi menurut saya pribadi,pola pengajaran terhadap sebuah prospek pengetahuan islam adalah dengan cara
1.Menanamkan pengetahuan dulu
2.Mengimani sesuai pengetahuan yang kita dapat
3.Mengamalkan sesuai dengan apa yang kita imani

Prospek pengetahuan bagi Islam = Ilmu - Iman - Amal
semoga bermanfaat,

Oleh : Dani Camers
0 komentar


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online