Pengaruh ketakutan terhadap eksistensi iman

Pengaruh ketakutan terhadap eksistensi iman

Sudah menjadi asumsi umum bahwa rasa cinta, benci, sayang, suka, marah, sedih dll adalah fitrah kita sebagai manusia.Tidak terkecuali rasa takut...
Ied ego = segala alamiah dalam tubuh manusia telah digerakkan secara tidak sadar oleh tubuh kita.dan itu sebuah proses yang sangat alami.
qt haus = pasti minum
qt lapar = pasti makan
qt dewasa = pasti butuh seks
dll
salah satunya adalah qt takut = pasti butuh pemecahan masalah.

Yang jadi permasalahan utama adalah,meskipun Allah menciptakan segala sesuatu yang alamiah di tubuh qt tapi Allah menciptakannya dengan keseimbangan.
eks = tidak mugkin qt haus tiba2 minum air 1 tong,tdak mugkin qt lapar trus makan 10 piring.itu sudah dianggap melebihi wajar keseimbangan yg telah dibuat oleh Allah.

Bgmana dengan ketakutan ?
ketakitan pun begitu,Allah pasti meletakkan batas2 keseimbangan di dalam tubuh kita.
Tidak mugkin kita tdak takut jika berhadapan dengan macan hnya 1 meter,tdak mugkin qt tdk takut jika qt berada di dalam sungai yg berisi penuh dengan buaya.dll
(itu sangat wajar,,,dan itu bersifat alamiah)

Bgaimana jika paradigma ketakutan kita masukkan dalam kehidupan sosial masyrakat.
-Bgmna jika takut terhadap hantu ?
sya mengangkat tema ini krna saya bnyk mendapati adanya
1.anak yg sudah baligh tdk berani tdur dirumah sndri krn tkut hantu
2.ank yg baligh tdk brani k kamar mandi sndri krn tkut hantu
3.ank yg sdah baligh tdk brani ikut pemakaman saat mlm hri krn tkut melihat pocong dll

A. Dari sudut pandang kedudukan
qt dan syetan = makhluk Tuhan,sama2 diciptakan Tuhan.Malahan faktanya Allah menyuruh syetan menghormati adam.apa coba yang perlu ditakuti dari syetan ????

B. Dari sudut pandang kehebatan
Qt diberi akal dan perasaan,,, sedangkan kita tidak tau apakah syetan punya itu krna Allah tdk menjelaskan itu dalam fir mannya...dari sisi ini kita jelas lebih hebat.apa coba yang perlu qt takutkan dari syetan ????

C. Dari sudut pandang persepsi
Persepsi otak qt itu luar biasa,,,bahkan qt mampu membuat syetan dengan berbagai versi.ada syetan ngesot,ada syetan pake kolor ijo, ada syetan pake kemben mlorot,ada syetan pake pocong dll.saya yakin syetan tidak mampu berbuat itu pada kita.Trus apa coba yg perlu ditakuti dari syetan ???

D.Dari sudut pandang fisik
Saya yakin Allah tdk menciptakan syetan seperti yang ada di film2 horor, itu hanya abstraksi para penulis dan sutradara saja.saya yakin mereka juga makhluk normal.hnya saja karna mereka membangkang maka mereka dihukum Allah dengan hidup kekal dan neraka menanti mereka.

saya justru berpikir,,, orang2 yang takut dengan syetan.bahkan ekstremnya tidak mw ke kamar mandi krna takut.tdk brani tdur di rumah sndiri krna takut.sebenarnya dalam kasus itu syetan sudah berhasil menduduki iman nya.itu lah yg sya maksud ketakutan yg berlebihan.ketakutan yg tdak berdasar.
itulah ketakutan yg sama sekali tdk masuk akal

Hanya Allah yang menciptakan kita, Hanya Allah sesembahan kita, Hanya Allah yang boleh kita takuti diluar kewajaran,dan Hanya Allah tempat kembali.

orang beriman = tidak takut syetan.

Oleh : Dani Camers


0 komentar


0 komentar:

Posting Komentar

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online