Bagaimana Membuktikan bahwa Islam itu agama yg benar

Saudara saya Bayu Prasetyo berkata,,,bro bgmn cara membuktikan bahwa Islam itu agama yg benar.Kalau kita nge klaim qt punya Al Qur'an mreka jg puny kitab.Klo debat isi dalam kitab tdk akn prnah akan ketemu kbenarannya.gimana ?

Menurut saya ini jawabannya,dan sya minta tlog untuk orang2 pluralisme tdak meng coment jwaban ini.Krna pluralisme membuat agama rancuh.
-Agama = Dien
-Agama = Ideologi
-Agama = sistem tatanan masyarakat makro
-Agama = Jalan Tuhan
"Agama = Petunjuk hidup dunia dan akhirat"

Untuk membuktikan mana agama yg benar dan layak,maka harus diadakan uji verivikasi/atau uji kebenaran.Karna melakukan sebuah uji verifikasi atau uji kebenaran maka tentunya juga harus ada sesuatu yang di uji,atau sesuatu yang harus dibandingkan.
Menurut sya ini yg harus dibandingkan :
1. Konsep Ke Tuhanan agama tersebut
2. Konsep Ke Rasulan Agama Tersebut
3. Konsep Ke Wahyu an agama tersebut
4. Konsep Tatanan masyarakat yang dibawa agama tersebut

Ini konsep yang menurut saya valid sejauh ini
1. Konsep Ke Tuhanan,,,
-Tuhan mrpkn dzat yg maha agung,dy tdak terikat ruang dan waktu,dy maha segalanya,tdk dapat di analogi kan dengan materi atau imateri apa pun,tdk dapat dibayangkan oleh indra atau pikiran manusia.dya tidak terkungkung oleh pemikiran kita.Dya jga tdak merendahkan dirinya dngan berpindah substansi dri Tuhan ke manusia krna itu kondisi yg berbeda.
Allah : dy sngat agung,qt tdk tw dmn dy tnggal krn dy tdk terikat ruang n waktu,qt tdk mampu membayangkan wujud materi n imateri nya,pikiran qt tdk mampu menjangkau kuasanya,dy tdk merendahkan dirinya mnjadikan patung atau mnjadi manusia krna itulah substansi Dzat nya sbgai Tuhan.

2. Konsep Ke Rasulan
-Rasul adlh manusia biasa yg bsa slah,Rasul dipilih krna kemampuan nya yg luar biasa dlam meng hayati Tuhan nya dan jga kemampuannya yg luar biasa dlm memecahkan mslah di msyrakatnya.Memiliki visi yg tinggi,kerja keras,mampu menjadi uswah seluruh umat dan jga memiliki kepekaan sosial yg tinggi.
Muhammad : Sbelum diutus jadi Rasul Muhammad adlah satu2 nya orag mekkah yg tdk membunuh bayi,yg tdk merendahkan wanita,yg tdk curang dlm berdagang,yg tdk menyembah berhala krn dy menganggap itu bkan ajaran ibrahim.Setelah jdi Nabi dy memiliki ke pekaan yg luar biasa,seluruh harta nya habis utk umat nya,seluruh pikirannya tercurah utk kemerdekaan arab dari tradisi jahiliyah.kerja keras nya sngat teruji dri perjalanan hidupnya.Dy mampu menjadi uswah tdak hnya dri kalangan muslim,bahkan dri orang2 Pagan arab dan juga orag2 nasrani di sekitar arab.Dy seorag yg sngat visioner,dy mewariskan pemerintahannya ke abu bakar agar diteruskan utk menaklukkan persia dan romawi.sungguh pemimpin yg luar biasa

3. Konsep Ke Wahyu an
-Wahyu adlah perintah2 Allah thdap umat manusia,maka se yogyanya perintah2 itu tdk saling bertentangan,tdk terkukungkung pda satu zaman tp universal sluruh zaman,dan yang pasti dy harus terjaga orisinilitasnya sampai akhir jaman.
AL QUR'AN : Bahasa Arab adlah bahasa yg rumit,satu titik berpindah mka bacaan akan berpindah dan makna pun akan berpindah,itu yg menjadikan AL QUR'AN terjaga orisinilitas nya sampai akhir zaman,Al Qur'an adlah wahyu yg ber proses dri mulai Muhammad adlh seorag yg bingung mka Allah menurunkan Al Alaq,dri Muhammad yg tdk berani mka Allah mnyuruhnya dakwah sirih,dri Muhammad yg mulai tertekan maka Allah menyuruhnya hijrah,dri Muhammad yg mulai mendapat hati di madinah mka Allah pun mnuruh Muhammad menatap sistem per politikan di msyrakat madinah.Dst sampai penaklukan mekkah dan arab mnjadi islam seutuhnya.
Wahyu = jalan pikiran Allah utk tetap menjaga umat manusia tetap di jalannya.Dan AL QUR AN sampai detik ini msih terbukti orisinil dri ALLAH SWT.

4. Konsep Tatanan Masyrakat
-Konsep Tatanan masyrakat yang baik adlah masyrakat yang seimbang antara kebutuhan duniawi dan akhirati,seimbang antara kebutuhan sosial dan pribadi,seimbang antara hak dan kewajiban,menyeimbangkan derajat manusia antara kaya dan miskin,menyeimbangkan kedudukan laki laki dan wanita dan seterusnya.
Islam : Semenjak hadir nya Muhammad semua itu menjadi nyata,Muhammad tdk mem perbolehkan umat nya hanya psrah pada Tuhan utk mengejar akhirat tp juga mengajarkan gairah utk menghadapi hdup di dunia.Muhammad menentang perbudakan trhadap bilal yg dilakukan oleh abu jahal,Muhammad menentang adanya perempuan2 yg dibunuh dan disiksa.Muhammad mampu menyeimbangkan sistem tatanan sosial masyrakat dimana hak pribadi dan hak pemerintah jadi seimbang.

Dari sini teman2 bisa membandingkan sendiri dengan konsep ajaran agama lain,,,jika kita mampu sabar dan menelitinya pelan2 kita pasti menemukan kebenaran.
"Karna Allah telah mengajari kita dengan perantara pena = Al Alaq"

Semoga ber manfaat,monggo di coment :).
Karna jk tdk paham materi ini,bagi sya pribadi kita blum islam krn qt tdk tahu bgmn agama yg qt anut. :)

dari: Dani Camers


0 komentar


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online