Anak adalah amanah yang ALLAH karuniakan kepada kita

dari: Zulfiqar Eka Purwanto

Dear Ayah dan Bunda yg dirahmati ALLAH….
Anak adalah amanah salah satu amanah yang ALLAH karuniakan kepada kita. Anak merupakan cahaya mata, yang bisa menjadi penyejuk hati dikala kita gundah. Memiliki anak yang sholeh, cerdas, juga sehat adalah dambaan semua orangtua.
Bila kita berbicara tentang kecerdasan, pastinya semua anak adalah cerdas di bidang-nya masing-masing. Sebagai orangtua, yang harus kita lakukan adalah memfasilitasi kecerdasan tersebut sehingga kelak bisa menjadi bekal utk hidup mandiri.

“Keshalehan” yang kita harapkan dari anak2 kita, bukan-lah hal yang instan bisa terbentuk. Semua anak dilahirkan dalam keadaan yang fitrah. InshaALLAH, bila kita memulai untuk membentuk keshalehan tsb sejak dini, maka ketika anak beranjak remaja dan dewasa, karakter2 positif yang kita harapkan sebagai buah dari keshalehan tersebut sudah terinternalisasi dengan baik dalam diri anak-anak kita.

Mengenalkan ibadah2 yang sifatnya rutin, seperti sholat, puasa dan shodaqoh, bahkan umrah, kepada anak-anak haruslah dengan pengkondisian yang sifatnya positif dan menyenangkan. Yang perlu kita ingat, ketika anak-anak kita masih berusia BALITA, maka yang harus lebih kita tekankan adalah masalah teladan atau contoh keseharian kita sebagai orgtua dalam melakukan ibadah. Jadi, bila ayah atau bunda melakukan sholat, sholat-lah di tempat yang bisa terlihat oleh anak-anak kita. Jika ayah atau bunda membaca Al-Qur’an, maka bacalah di dekat anak2 kita, sehingga mereka terbiasa mendengarkan lantunan ayat2 ALLAH SWT melalui suara kita.
2 komentar


2 komentar:

 

Bersama Belajar Islam | Pondok OmaSAE: Bersama mengkaji warisan Rasulullah saw | # - # | Pondok OmaSAE : Belajar Agama via online